POLA MIMPI DALAM NOVEL THE SOUL MOONLIGHT SONATA DAN THE SOUL FANTASIA KARYA WINA BOJONEGORO (KAJIAN TEORI TAFSIR MIMPI SIGMUND FREUD)

Main Article Content

Fithroh Wahidah Setya Yuwana Sudikan Setijawan .

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pola kondensasi, pola pemindahan dan representasi mimpi melalui simbol dalam novel The Soul Moonlight Sonata dan The Soul Fantasia karya Wina Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikoanalisis. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pola kondensasi yang meliputi (1) adanya pengulangan mimpi, (2) mimpi terjadi sesuai keinginan seperti menemukan biola, menjadi soloist, melihat kecelakaan James dan menemukan Mbing. Pola pemindahan mimpi meliputi (1) pergantian objek sosok ayah dengan sosok Pakdhe, (2) pergantian sosok mas Tino dengan sosok yang menyeramkan, (3) ketidaksesuaian mimpi dengan alam sadar. Representasi simbol mimpi seperti, (1) garis keturunan yang disimbolkan dengan biola, (2) ketakutan diri yang disimbolkan dengan sosok yang menyeramkan.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Wahidah, S. Sudikan, and S. ., “POLA MIMPI DALAM NOVEL THE SOUL MOONLIGHT SONATA DAN THE SOUL FANTASIA KARYA WINA BOJONEGORO (KAJIAN TEORI TAFSIR MIMPI SIGMUND FREUD)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 300, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Agus, Nuraidar. (2013). Proses Kondensasi Imaji dan Pengalihan Mimpi dalam Dongeng Nenek Pakande. Atavisme. DOAJ: 1410-900X (Print); 2503-5215 (Online)
(https://doaj.org/article/8ce40e8a645842d89a0c8261eb50bac9 diakses pada tanggal 6 April 2020)
Aminudin. (1990). Pengembangan Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bahasa dan Sastra. Malang: Yayasan Asih, Asah, Asuh.
Bojonegoro, Wina (2011). The Soul Moonlight Sonata. Jakarta: Genta Pustidaka.
Bojonegoro, Wina (2013). The Soul Fantasia. Yogyakarta: Indie Book Corner.
Endraswara, Suwardi. (2003). Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustidaka Widyatama.
Faruk. (2014). Metode Penelitian Sastra Sebuah Penjelajahan Awal. Yogyakarta: Pustidaka Pelajar.
Freud, Sigmund. (2020). The Interpretation of Dream Tafsir Mimpi. Yogyakarta: Immortal Publishing dan Octopus.
Milner, Max. (1992). Freud dan Interpretasi Sastra. (Terjemahan oleh Apsanti Ds, Sri Widyaningsih, dan Laksmi). Jakarta: Intermasa.
Minderop, Albertine. (2013). Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustidaka Obor Indonesia.
Osborne, Richard. (2000). Freud untuk Pemula. Yogyakarta: Kanisius.
Putri, Vonda Aprilia. (2016). Fenomena Mimpi Tokoh Utama dalam Novel Mimpi Bungsu Karya Vanny Chrisma W (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta).
(http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/bsi/article/view/3222 diakses pada tanggal 6 April 2020)
Setyawan, Antonius Sulis. (2008). Makna Mimpi dan Bentuk Fantasi Tokoh Ashra Trivurti dalam Novel Jukstaposisis Karya Calvin Michel Sidjaja Pendekatan Psikologi Sastra (skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta).
(https://repository.usd.ac.id/25409/diakses pada tanggal 6 April 2020)