PENGEMBANGAN BUKU BERJENJANG LEVEL B UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SLOW LEARNER KELAS 1 SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Imraatur Rafiáh Rochani Triastuti Kisyani Laksono Titik Indarti

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku bacaan berjenjang level B sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan  membaca siswa Slow Learner kelas 1 sekolah dasar. Buku bacaan yang dihasilkan sebanyak tiga buku dengan judul yang berbeda, yaitu Rumahku, Meme suka sayur wortel dan Popi tak punya teman. Desain penelitian dan pengembangan yang dipilih dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan yang mengadaptasi model 4-D dari Thiagarajan. Sugiyono mengatakan bahwa R & D merupakan metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Produk yang didesain dalam penelitian ini yaitu berupa buku bacaan berjenjang level B diharapkan dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa Slow Learner kelas 1 sekolah dasar.  Hasil pengembangan buku berjenjang level B yang digunakan dalam penelitian ini meliputi Define, Design, Develope, Disseminate. Hasil validasi ahli isi sebesar 87%, validasi ahli kebahasaan  92% dan validasi kegrafikan sebesar 89%, dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan produk ini dinilai hasil aktivitas guru sebesar 96%, aktivitas siswa sebesar 83,5%, dan respon siswa siswa sebesar 97,5 dengan katagori sangat baik. Keefektifan produk dinilai dari tes keterampilan membaca menggunakan pretest dan posttest yang menggunakan rumus n-gain. Hasil pretest sebesar 29,2 dengan katagori tidak tuntas, sedangkan posttest sebesar 83,3 dengan katagori tuntas. Ketuntasan tersebut mengacu pada ketuntasan minimal siswa yang ditentukan oleh rapat dewan guru sebesar > 75. Berdasarkan data-data tersebut terdapat peningkatan rata-rata nilai keterampilan membaca sebelum dan sesudah diterapkannya buku berjenjang level B . Peningkatan kemampuan membaca siswa Slow Learner kelas 1 sekolah dasar berkatagori tinggi dengan nilai skor rata-rata n-gain sebesar 0,6.

Article Details

How to Cite
[1]
I. R. Triastuti, K. Laksono, and T. Indarti, “PENGEMBANGAN BUKU BERJENJANG LEVEL B UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA SLOW LEARNER KELAS 1 SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 304, Jan. 2021.
Section
Artikel

References

Agustin, Mubiar. 2011. Permasalahan belajar dan inovasi pembelajaran. Bandung:Refika Aditama.
Rahim,Farida.2007.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Thiagarajan. Instructional Developmemt For Training Teachers of Exceptional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/ Special Edition, University of Minnesota.
Triani, Nani. 2016. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Lamban Belajar Slow Learner. Jakarta Timur:PT. luxima Metro Media.