SENSOR KECEPATAN BERBASIS MICROCONTROLLER PRAKTIS DIGUNAKAN DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR · ANALITIS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini berupaya menghasilkan sensor kecepatan berbasis microcontroller yang praktis untuk meningkatkan ketrampilan berfikir analitis pada materi tumbukan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian R & D yang menggunakan motode pre experimental dengan one group pretest-posttest design dan diterapkan pada siswa SMAN 1 Kebomas Gresik kelas X semester II. Metode pengambilan data menggunakan validasi, tes keterampilan berfikir analitis, pengamatan dan angket. Teknis analisis data menggunakan anlisis diskriptif kuantitatif. Kepraktisan media ini terlihat dari karakteristik sensor kecepatan, keterlaksanaan RPP selama tiga pertemuan tanpa hambatan yang berarti. Penilaian ketrampilan berfikir analitis dengan N-Gain 0,88 dengan katagori tinggi dan respon siswa dalam pembelajaran sangat baik. Berdasarkan hasil temuan penelitian, disimpulkan bahwa Media Imitasi tumbukan serta perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat praktis digunakan dan meningkatkan ketrampilan berfikir analitis pada konsep tumbukan.
Article Details
References
Ahmadi, K. d. (2010). Proses pembelajaran Aktif dan Kreatif. Jakarta: Prestasi pustaka.
Amer, A. (2005). Analytical Thinking. Center. Cairo: Center of Advancement of Postgraduate Studies.
Anggraeni, Rudi Kustijono (2013) Pengembangan Media Animasi Fisika Pada materi Cahaya Dengan Aplikasi Flash Berbasis Android. Jurnal Pendidikan fisika dan Alikasinya (JPFA). vol 3 No1,
Biggs, J. & Collis, K. F. (1982). Evaluating the quality of learning; The SOLO taxonomy. New York: Academic Press.
Biggs, J. (1999). Teaching for quality at University. Second Edition. Buckingham: SRHE/OU Press.
Borich, G.( 1994). Observation Skill for effektive Teaching. New York: Mac Millan Publishing Company.
Depdikbud. 2013. Permendikbud RI Nomor 81a tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Depdikbud.
Dimyati. (1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.
Eggen,P. & Don Kouchak(2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: Indeks
Ichsan, M, Imam Supardi Z.A, Rudiana A. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri terbimbing untuk meningkatkan Keterampilan berpikir kritis siswa SMP. Tesis PPS UNESA Surabaya. Tidak diterbitkan.
Kuhlthau Carol C, Maniotes Leslie K., Caspari Ann K.(2007) Guided Inquiri: Learning in the 21st Century. USA: Center for international schoolarship in school Libraries (CISSL)
Khumaidi A. & Imam sucahyo (2018). Pengembangan Mobile Pocket Book Fisika Sebagai Media Pembelajaran berbasis Android Pada Materi Impuls dan Momentum. Jurnal inovasi pendidikan fisika Unesa Vol 07 No 02 .154-158.
Koyimah, Wahono Widodo, Nadi Suprapto, Binar Kurnia Prahani. (2020). Effectiveness of Interactive Microcontroller based Speed sensors to improve Studts” analitic Thinking Skills. International Journal of Online and biomedical Engineering (iJOE) . vol 16 No.9.
Listiarsih, S.(2016). Efektifitas Media Video Penggunaan Spill Kit Terhadap Kemampuan petugas RS PKU di yogyakarta. Jurnal Asosiasi Dosen Muhammadiyah Magister Administrasi Rumah SakitVol.2 No. 2.
Pribowo, Fitroh, Setyo Putro (2018) Pengembangan Instrumen Validasi Media Berbasis Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.18 No.1 Tahun 2018 Universitas Muhammadiyah Surabaya fitrohsetyo@fkip.um-surabaya.ac.id
Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. 2015. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Surabaya.
Rusman, dkk. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.
Sadiman, A. Dkk. 2014. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Setyaningsih, E. (2017). Penggunaan Sensor Photodioda sebagai Sistem Deteksi Api pada Wahana Terbang Vertical Take-Off Landing (VTOL). Jurnal Teknik Elektro, 2.
Sihkabuden (1994). Klasifikasi dan Karakteristik Media Instruksional sederhana. Malang: FIP IKIP Malang.
Syahwil, M. (2013). Panduan Mudah Simulasi dan Praktik Microcontroler. Yogyakarta: ANDI.
Sudjana, N. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian & Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Thiagarajan, Semmel D. & Semmel M. 1974. Instructional Develovment for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: Grant.