STRUKTUR TRANSMISI NARASI NOVEL ANAK MISTERI GUA JEPANG KARYA IWOK ABQARY
Main Article Content
Abstract
Masalah yang terdapat dalam penelitian ini, yaitu: (1) butir-butir yang ada dalam struktur naratif dari Seymour Chatman (2) cara kerja (jabaran) struktur transmisi narasi dalam teori struktur naratif Seymour Chatman. Tujuan analisis ini untuk memperoleh secara terperinci mengenai struktur transmisi narasi dari Seymour Chatman. Pustaka yang digunakan berkaitan dengan struktur naratif antara lain: kernel dan satelit serta struktur transmisi narasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa kata-kata, frase, kalimat, dialog para tokoh dalam cerita novel anak Misteri Gua Jepang (MGJ). Data penelitian meliputi: item-item yang ada dalam teori struktur naratif, jabaran dalam teori struktur naratif, wujud karakterisasi dari struktur naratif. Sumber data dalam penelitian ini yakni teks novel anak berjudul MGJ karya Iwok Abqary. Pengumpulan data dilakukan dengan cara (1) membaca secara hermeunitik dari sumber data penelitian, (2) mengidentifikasi satuan-satuan peristiwa setia paragraf, (3) memberi tanda (code) pada paparan bahasa yang terdapat pada novel MGJ. Temuan terakhir hasil penelitian berupa pola cerita misteri, yaitu: cerita pembuka terhadap peristiwa inti berupa misteri dan petunjuk, penyelidikan dan penjelasan solusi. Aspek teks novel anak MGJ berjenis linear atau non in media res, yaitu aspek teks novel anak MGJ mulai dari awal cerita hingga akhir cerita (abcd) mengalami kelancaran hanya di tengah sedikit mengalami sorot balik, tetapi hal itu tidak membingungkan pembaca atau tidak sampai merusak cerita.
Article Details
References
Chatman, Seymour. 1980. Story and Discourse Narrative Fiction and Film. London: Cornel University Press.
Endraswara, Dr. Suwardi. 2013. Metode Penelitian Sastra Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Hartono. 2005. "Tata, Durasi, Dan Frekuensi Dalam Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari: (Analisis Struktur Naratif)" dalam Jurnal Ilmiah LITERA. Volume 4, Nomor 1, Januari 2005, Halaman 52-62. diakses Online (https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/download/4884/4224) pada 17 Februari 2019.
Intan, Tania. 2018. “Tinjauan terhadap Roman Detektif karya Georges Simenon sebagai Materi Kajian Sastra". Conference Paper: Peluncuran Buku-buku Terjemahan Karya Georges Simenon, 2008, At UNPAD, Bandung. Online (https://www.researchgate.net/publication/326405598_Tinjauan_terhadap_Roman_Detektif_karya_Georges_Simenon_sebagai_Materi_Kajian_Sastra). Diakses: 19 Februari 2019.
Kurniawan, Heru. 2009. Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mursini. 2016. "Kontribusi Sastra Bagi Anak- Anak". Jurnal: media neliti publikasi ID 78896. Online (https://media.neliti.com/media/publications/78896-ID-kontribusi-sastra-bagi-anak-anak.pdf). Diakses : 19 Januari 2019.
Nurdiansyah, Reza. 2016. Novel Anak Serial Cerita Misteri Karya Yovita Siswati. Tesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak, Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Pattiasina, Petrus J. 2018. "ALIRAN DETEKTIF DALAM CERITA PENDEK". Jurnal: researchgate DOI: 10.13140/RG.2.2.29799.14249. Online ( https://www.researchgate.net/publication/325216484). Diakses: 19 Februari 2019.
Puryanto, Edi. 2008. “Konsumsi Anak Dalam Teks Sastra Di Sekolah. Online (http://www. Scribd.com/doc/). Diakses: 15 Januari 2019.
Rahmawati, Ika Agustin. 2016. Hubungan Interpersonal Dalam Novel Anak Serial Persahabatan Karya Ary Nilandari (Kajian Fiksi Realistik Donna E. Norton). Tesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Sahid, Nur. 1999. “Tata, Durasi, dan Frekuensi dalam Drama Panembahan Reso: Tinjauan Struktur Naratif.” dalam Poetika Jurnal Ilmiah Kesusasteraan. Nomor 2 Tahun XII Edisi Mei - Agustus 1999, Halaman 3 - 37.
Santoso, Puji, dkk. 2003. Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka Sarumpaet, K. Toha dan Riris. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak. Jakarta: Obor
Siswantoro. 2010. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Suyatno. 2009. Struktur Narasi Novel Karya Anak. Surabaya: Jaring Pena.
Todorov, Tzvetan. 1985. Tata Sastra (terjemahan Okke K.S. Zaimar, dkk.). Jakarta: Djambatan.