THE EFFECTIVENESS OF USING ENVIROMENTAL PHOTOS ON THE STUDENTS' EXPOSITORY WRITING

Main Article Content

Irma Khoirot Daulay Elisabet Saragih Jeni Pretty Sry Rejeki Sitompul Priska Marianti Siburian

Abstract

Menulis merupakan kegiatan untuk menciptakan sebuah karangan atau sebuah fakta dalam suatu informasi. Menulis tidak bisa dikatakan mudah karena menulis membutuhkan konsentrasi dan pemikiran yang luas untuk mejadikan satu kata menjadi sebuah paragraph. Maka dengan penelitian ini peneliti memakai teknik photo lingkungan untuk mempermudah siswa, khususnya siswa di SMP PUTERI SION dimana peneliti memakai dua kelas yaitu kelas percobaan dan kelas  biasa. Adapun tujuan peneliti memakai teknik photo lingkungan khusunya dalam menulius teks ekspositopri adalah untuk mempermudah siswa dalam menuliskan kembali fakta atau informasi yang sesuai dengan gambar yang di berikan oleh peneliti kepada siswa. Desain yang dipakai  peneliti adalah penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah tobtained .Hasil penelitian ini adalah pretest 39.68 dan posttest 67.95 dari hasil tersebut didapat hasil 5.35. menurut  Cohen.Manion,& Morisson where 0-0.20 category weak effect, while 0.21-0.50 category modest effect and 0.51-1.00 category strong effect.  Setelah dilakukan penelitian ini terhadap siswa kelas IX maka terbukti hasil bahwa teknik photo lingkungan yang dipakai oleh  siswa dalam menulis teks ekspositori berpengaruh.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Daulay, E. Saragih, J. P. Sitompul, and P. Siburian, “THE EFFECTIVENESS OF USING ENVIROMENTAL PHOTOS ON THE STUDENTS’ EXPOSITORY WRITING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 492, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto,suharsimi. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.2007
Cifuentes, L., & Hughey , J. (2003). The Interactive effects of computer conferencing and multiple intelligenceds on expository writing The Quarterly Review of Distance Education , 4(1), 15-30
Cohen, Louis, Manion, Lawrence., and Morrison, Keith. (2007) Research
Journal of Education and Training studies Vol. 4, No. 10; October 2016
Kumar, Ranjit, Research Methodology London : Sage, 2011
Methods in Education (6th Edition).Routledge Falmer: London
Mitchell, J. (2003). On-line Writing : A link to learning in a teacher education program, 19, 127 -143
Oardman, Chintya. A. 2002. Writing to comunicate (Paragraph and Essay). New York: Longman
Sannggam Siahann and Kishno Shinoda, Generic Text Structure (Yogyakarta : Graha Ilmu, 2008), P.101.
Silvia Harleni dan Mardiana. Vol.8.4 Edisi Nopember 2020. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR ALJABAR LINIAR DENGAN MEMANFAATKAN MATLAB.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta .
Zebua,Vira Novriyanti dan Fitra Rizky Herfandy.2020.THE EFFECT OF USING ENVIROMENTAL PHOTOS ON THE STUDENTS EXPOSITORY WRITING