IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TINGKAT SMP DI WAMENA KABUPATEN JAYAWIJAYA PROVINSI PAPUA

Main Article Content

Nurita Angesti Rahayu Selestina Wetipo

Abstract

Implementasi kurikulum 2013 perlu ditinjau dan dicari hambatan serta solusi agar tujuan dari kurikulum 2013 dapat tercapai. Dengan adanya penelitian ini dapat diketahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 tingkat SMP di Wamena, serta hambatan dan solusi dalam mengimplementasikan kurikulum 2013, sehingga dapat memberi informasi kepada Dinas Pendidikan dalam pembangunan Sumber Daya Manusia yang ada di Jayawijaya. Data penelitian ini dianalisis dengan metode diskriptif. Hasil penelitian diperoleh a) Implementasi kurikulum 2013 pada tingkat SMP di Wamena Kab. Jayawijaya sudah sepenuhnya terlaksana, b) Hambatan yang dialami guru dalam mengimplementasikan kurikulum adalah: 1) Kemampuan dasar, daya tangkap, antusias, keaktifan, kedisiplinan, keberanian mengungkapkan pendapat dan bertanya, rasa ingin tahu, perhatian siswa untuk menerima pembelajaran dan mencari sumber belajar kurang; 2) Kondisi dan tempat tinggal siswa; 3) Waktu ; 4) Situasi Kota; 5) Sarana dan prasarana seperti terbatasnya buku; 6) alat peraga/media pembelajaran; 7) jaringan internet; 8) Menyusun RPP dengan menyesuikan bahasa dan kamampuan siswa serta merancang pembelajaran yang menarik; 9). Seringnya perbaikan kurikulum; 10) Rumitnya penilaian. c) Solusi yang dilakukan dalam upaya mengiplementasikan kurikulum 2013 adalah: 1) Guru membuat kelas tambahan; 2) Guru lebih aktif dalam proses pembelajaran dan membimbing siswa; 3) Meluangkan waktu; 4) Menyesuaikan waktu/jam dan materi yang relevan dengan kondisi; 5) Mencari buku di internet, memfotokopi buku atau mencatat; 6) Mencari media/alat peraga yang ada di sekeliling siswa; 7) berkunjung ke tempat yang jaringan internetnya kuat; 8) Menyusun RPP sesuai dengan kondisi sekolah dan siswa, serta merancang pembelajaran menggunakan metode dan bahasa yang sederhana; 9) Mencari referensi; 10) penyederhanaan penilaian belajar siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Rahayu and S. Wetipo, “IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TINGKAT SMP DI WAMENA KABUPATEN JAYAWIJAYA PROVINSI PAPUA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 24-29, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Alawiyah, Faridah. 2013. “Peran Guru Dalam Kurikulum 2013”. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, Vol 4 No 1.
Andiyanto, T. 2017. P”eran Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 : Studi Pada TK Mentari Kec. Abung Selatan Kab. Lampung Utara”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol 3 No 1.
Anwar, Rusliansyah. 2014. “Hal-Hal Yang Mendasari Penerapan Kurikulum 2013”. Jurnal Binus, Vol 5 No 1.
Machali, Imam. 2014. “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045”. Jurnal pendidikan islam, Volume III No 1.
Permatasari, Eka Aprilia. 2014. Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013 Pada Pembelajaran Sejarah. Indonesia Journal of History Education, Vol 3 No 1.
Riduwan. 2009. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Suyatmini. 2017. “Implementasi Kurikulum 2013 Pada Pelaksanaan Pembelajaran Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan”. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol 27 No.1
Usman, Husaini dan Raharjo, N. E. 2013. Strategi Kepemimpinan Pembelajaran Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Cakrawala Pendidikan, XXXII No. 1.
Winda, N. 2016. “Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Stilistika: Jurnal Bahasa,Sastra, dan Pengajarannya, Vol 1 No 1.
Kastawi, N. S., dkk. 2017. “Kendala dalam Implementasi Kurikulum 2013 di Jawa Tengah dan Strategi Penanganannya”. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies (IJCETS). Volume 5, No 2. p-ISSN 2252-6447 e-ISSN 2527-4597