KORELASI ANTARA SUPERVISI PENGAWAS SEKOLAH DENGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH SEKOLAH DASAR SE KOTA WAMENA KABUPATEN JAYAWIJAYA PROVINSI PAPUA

Main Article Content

Selestina Wetipo Sepling Paling

Abstract

Pengawas sekolah dasar merupakan salah satu elemen yang memiliki peranan penting dalam meningkatan kemampuan kerja personil sekolah dasar terutama dalam hal pengelolaan suatu sekolah melalui pelaksanaan supervisi manajerial.Tujuan dari penelitian ini, untuk mendapat gambaran tentang pelaksanaan supervisi manajerial yang dilaksanakan oleh pengawas sekolah dan manajerial kepala sekolah sekolah dasar di kota wamena kabupaten Jayawijaya . Jenis  penelitian  yang digunakan oleh peneliti merupakan penelitian pertama yang bersifat penelitian deskriptif dalam kuantitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan  kuesioner yang memberikan kepada pengawas sekolah dasar dan, kepala sekolah dasar. Hasil penelitian pelaksanaan supervisi manajerial pengawas sekolah di Wamena belum sepenuhnya memberi pelayanan dan pembinaan secara berkualitas. Pengawas sekolah yang melaksanakan manajeril di setiap sekolah dasar sampai tingkat SD adalah 32% yang menjawab setujuh dari 25 sekolah dasar bahwa pengawas sekolah melaksanakan manajerial. Berdasarkan hasil perhitungan supervisi pengawas sekolah, didapatkan; nilai rata-rata yang diperoleh dari data (mean) = 85,68. Sedangkan hasil penelitian supervisi manajerial kepala sekolah yang menjawab 28% dan nilai rata-rata diperoleh dari data (mean) = 84,28. Supervisi pengawas dan supervisi kepala sekolah tidak jauh beda dari nilai rata-rata (mean). Perbedaannya hanya sebesar 85, 68 – 84, 28 = 1, 4 poin saja (kecil). Dengan demikian, penulis dapat disimpulkan bahwa manajerial pengawas sekolah dan manajerial kepala sekolah dengan kriteria Setujuh untuk melaksanakan manajerial di setiap sekolah yang ada di kota Wamena.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Wetipo and S. Paling, “KORELASI ANTARA SUPERVISI PENGAWAS SEKOLAH DENGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH SEKOLAH DASAR SE KOTA WAMENA KABUPATEN JAYAWIJAYA PROVINSI PAPUA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 42-46, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Peraturan pemerintah no. 28 tahun 1990 tentang pendidikan dasar, Jakarta Depdikbud
Sugiyono. 2013. Statistik untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Pembelajaran. Bandung: ALFABETA.
Sumber : Nana Sudjana, 2006, PMPTK Depdiknas
http://nasuprawoto.wordpress.com/2009/12/17/indikator-kinerja-pengawas-sekolah/