ANALISIS RESPON MAHASISWA TERHADAP PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan pada Prodi PGSD FKIP Universitas Bengkulu Tahun Akademik 2020/2021. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan mahasiswa lintas angkatan yang pernah mengikuti kegiatan pembelajaran daring. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket pertanyaan yang diberikan kepada mahasiswa melalui Google Form. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran daring yang dilaksanakan pada Prodi PGSD FKIP Universitas Bengkulu mampu mengarahkan untuk belajar mandiri dan terampil menggunakan perangkat teknologi. Pembelajaran daring dapat membantu mahasiswa dan dosen untuk berinteraksi dalam pelaksanaan pembelajaran secara efektif dan efisien.
Article Details
References
Bakia, M., Shear, L., Toyama, Y., & Lasseter, A. (2012). Understanding the Implications of Online Learning for Educational Productivity Center for Technology in Learning SRI International. 76. http://www.ed.gov/technology
CristalL, W., & Sano, A. (2013). KONSELOR | Jurnal Ilmiah Konseling HUBUNGAN KETERAMPILAN MENCATAT DENGAN HASIL BELAJAR SISWA. 2, 83–87.
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v17i2.138
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1). https://doi.org/10.30998/sap.v5i1.6511
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID -19 Program Studi Bimbingan dan Konseling , Universitas Negeri Jakarta SELF-REGULATED LEARNING OF STUDENTS STUDYING ONLINE. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 34(2), 147–154.
Kusuma, D. A. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3504
Lasapa, N., & Dkk. (2014). Upaya Pembelajaran Terstruktur Dengan Pemberian Tugas Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Inpres 02 Pongian Kecamatan Bunta. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 5(1), 74–90.
Lead, J. (2011). 在线学习 ( Online Learning ). May, 1–3.
Maknuni, J., & Artikel, I. (2020). Indonesian Education Administration and Leadership Journal (IDEAL) Pengaruh Media Belajar Smartphone Terhadap Belajar Siswa Di Era Pandemi Covid-19 (The Influence of Smartphone Learning Media on Student Learning in The Era Pandemi Covid-19). 02, 94–106. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/IDEAL
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 117–125. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.86
Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio : Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630–1640. https://doi.org/10.35508/jikom.v9i2.2416
Mustakim, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13646
Nursina, Umran, L. O. M., & Joko. (2011). Penggunaan Smartphone Dalam Mengembangkan Pola Belajar Siswa Sma Negeri 1 Kulisusu Utara Kabupaten Buton Utara. Ilmu Komunikasi, 1–21.
Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Untuk Media Pembelajaran Dalam Lingkungan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH ENREKANG Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. In EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling (Vol. 2, Issue 1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Puspitasari, N. (2020). ANALISIS PROSES PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN MASA PANDEMI COVID 19 PADA GURU SD NEGERI DUKUHWARU 01 Nimas Puspitasari , Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNDARIS A . PENDAHULUAN Pendidikan merupakan sesuatu yang terpenti. Undaris, 11, 170–186.
Riski, L., Winoto, Y., & Rohman, A. S. (2018). Literasi Informasi Siswa Sekolah Menengah Pertama dalam Pengerjaan Tugas Sekolah. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 132–140. https://doi.org/10.17977/um008v2i22018p132
Riyana, C. (2019). TPEN4401 – Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online – Perpustakaan UT. Universitas Terbuka. https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/tpen4401-produksi-bahan-pembelajaran-berbasis-online-2/
Satgas, C. (2021). Peta Sebaran COVID-19 | Satgas Penanganan COVID-19. https://covid19.go.id/peta-sebaran-covid19
Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Dinamika Pendidikan Unnes, 5(2), 117–133. https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4921
Sulaiman, S. (2020). MODEL PEMBELAJARAN BAHASA BERBASIS TUGAS (PBBT) MELALUI PEMBELAJARAN DARING. Metalingua, 5(2), 95–100. https://journal.trunojoyo.ac.id/metalingua/article/view/8886
Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 melalui. In Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (Vol. 05, Issue 03). https://doi.org/10.33449/JPMR.V5I3.12896
Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? In Communications of the ACM (Vol. 47, Issue 5, pp. 75–79). Association for Computing Machinery (ACM). https://doi.org/10.1145/986213.986216