PEMENFATAN MANAJEMEN DALAM MENGURANGI KEMISKINAN DI NUSA TENGGARA TIMUR

Main Article Content

Damianus Tola Jou Sewa Adrianus

Abstract

Kemiskinan yang terjadi di Nusa Tenggara Timur, selama ini orang hanya melihat pada aspek realita sebagai faktor penyebab kemiskinan seperti: rendahnya tingkat pendidikan, pendapatan, bahan bakar, penerangan, air bersih, senitasi yang berhubungan dengan kebutuhan dasar manusia. Pada hal jika dikaji lebih mendalam maka faktor penyebab kemiskinan yang terjadi di daerah Nusa Tenggara Timur sebenarnya adalah Budaya buruk yang dimiliki oleh masyarakat Nusa Tenggara Timur seperti: Pemalas, Pola kerja tidak teratur, tidak memiliki pengetahuan tentang pekerjaan, tidak disiplin, pola hidup boros, Ketergantungan hidup pada orang lain cukup tinggi, Hidup tanpa skala prioritas dan tidak memiliki daya saing, salah satu cara untuk mengatasi maka peran ilmu manajemen dan fungsinya, dapat mengurangi budaya atau kebiasaan dengan mulai menata atau mengatur, memanajemen seluruh aktivitas kehidupannya, sehingga tidak bias. Dengan demikian produktivitas meningkat dan kemiskinan dipropinsi ini, akan berkurang, dan menghilang.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Tola and J. Adrianus, “PEMENFATAN MANAJEMEN DALAM MENGURANGI KEMISKINAN DI NUSA TENGGARA TIMUR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 30-35, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Azwar, Syaifuddin, 2010, Dasar-dasar Psikometri, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.
Fanggidae, Viktoria, “Faktor penyebab kemiskinan di NTT Kupang“ (Antara: jumat, 6 januari 2017). diakses 21 Juni 2020.
Garda Indonesia, Portal Berita Dering , New Normal NTT 15 Juni 2020 diakses 20 Juli 2020
Hasibuan, S.P, 2011”Manajemen Sumberdaya manusia”, Rajawali Pers, Jakarta
https/nasional.tempo.co.read “Kepulau Di Nusa Tenggara Timur” tanggal 15 Mei 2018 diakses 27 juli 2020
Kadarman dkk, 1994” Pengantar Ilmu Manajemen”, Rajawali Pers, Jakarta.
Kadji, Y. (2012). "Kemiskinan dan Konsep teoritisnya." Guru Besar Kebijakan Publik Fakultas Ekonmi Dan Bisnis UNG.
Manteiro, M. C. (2017). "Model Pengembangan Desa Wisata Berbasis Kearifan Lokal Sebagai Strategi Pengentasan Kemiskinan Di Kabupaten Rote Ndao Nusa Tenggara Timur." Bisman-Jurnal Bisnis & Manajemen 2(2): 93-101.
Rachman, R., et al. (2018). "Manajemen Usaha Serta Pemanfaatan Sosial Media Bagi UMKM Baso Malang Campur Sari" Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1(1).
Subrata, B. A. G., et al. "Pengolahan dan Pemanfaatan Buah Merah dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan." Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement) 5(1): 57-71.
Wahyudi, S. F. (2014). "Budaya Kemiskinan Masyarakat Pemulung." Paradigma: Jurnal Online Mahasiswa S1 Sosiologi UNESA 2(2).
Zairin, Z. (2017). "Pengentasan Kemiskinan Berbasis Jasa Ekosistem." Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi 2(1): 84-94.