PENINGKATAN KINERJA TENAGA PENDIDIK DALAM MENYUSUN RPP DI SDN TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan Kinerja Guru dalam menyusun RPP dan untuk mengukur persentase efektivitas supervisi akademik dalam meningkatkan keterampilan menyusun RPP guru di SDN 06 Talamau tahun pelajaran 2019-2020. Pelaksaan dilakukan di SDN 06 Talamau Kabupaten Pasaman Barat tahun pelajaran 2019-2020 Dengan Jumlah guru yang menjadi bahan supervisi sebanyak 8 orang. PTS ini dilakukan pada guru melalui supervisi akademis kepala sekolah. Tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus, Kegiatan dilaaksanakan pada semester Ganjil tahun pelajaran 2019-2020.Lama penelitian 5 pekan efektif dilaksanakan mulai tanggal 2 September – 4 Oktober 2019. Dalam pelaksanaan tindakan, rancangan dilakukan dalam 2 siklus yang meliputi ; (a) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Dan hasil penelitian peningkatan kinerja pengajar pada saat menyusun RPP melalui pengawasan akademis kepala sekolah hasilnya relatif baik. Hal itu tampak dalam pertemuan dari 8 orang guru yang pada saat melakukan penelitian ini,nilai rata-rata mencapai ; 66,25 bertambah tinggi menjadi 81,875 pada siklus 1 siklus ke 2 meningkat menjadi 15,6.
Article Details
References
Arikunto, Suharsimi. (2002). Dasar-dasar Evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Anwar, Moch. Idochi. 2004. Administrasi Pendidikan dan Manajemen Biaya Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Depdiknas. 1997. Petunjuk Pengelolaan Adminstrasi Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. 2010. Supervisi Akademik; Materi Pelatihan PenguatanKemampuan Kepala Sekolah; Jakarta: Depdiknas.
Glickman Carl.D. (1981). Developmental Supervision: Alternative Practices for Help-ing Teachers Improve Instruction. Asspciation for Supervision and Curriculum Development, Virginia: Alexandria.