MENINGKATKAN HASIL STUDI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH MENGUNAKAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP SISWA KELAS I SDN 06 TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT

Main Article Content

Endrida .

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah “Apakah hasil studi siswa terhadap bahan pelajaran penjumlahan serta pengurangan bilangan cacah mampu ditinggikan lewat penerapan metode demonstrasi pada kelas I SDN 06 Talamau Kabupaten Pasaman Barat?”. Target dari penelitian ini ialah “Untuk meningkatkan hasil studi siswa terhadap bahan pelajaran penjumlahan serta pengurangan bilangan cacah lewat penggunaan sistem pembelajaran demonstrasi pada kelas I SDN 06 Talamau Kabupaten Pasaman Barat”. Bentuk penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Penelitian Tindakan Kelas ialah suatu kegiatan yang berbentuk kajian dan bersifat reflektif oleh pelaku tindakan.  Dalam proses kegiatannya dilaksanakan melalui tahapan peninjauan bersiklus yang terdiri atas empat tahapan yaitu: persiapan, implementasi tindakan, pengamatan/evaluasi, serta analisis/perenungan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas I SDN 06 Talamau Kabupaten Pasaman Barat tahun pelajaran 2019/2020 serta siswa yang berjumlah 20 orang. Sumber informasi dari kegiatan penelitian ini ialah staf pengajar dan siswa. Data yang diperoleh adalah berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Cara pengumpulan informasi dapat dilakukan lewat observasi dan tes. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa melalui penerapan sistem demonstrasi untuk menyelesaikan masalah penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah terhadap siswa kelas I SD Negeri 06 Talamau Kabupaten Pasaman Barat mampu dinaikkan. Hal ini dapat kita buktikan melalui hasil tes setiap tahapan yakni pada tahapan pertama dimana persentase keberhasilan dari studi siswa sebesar 62,5% dan  rata-ratanya sebesar  62,25 yang kemudian betambah pada tahapan kedua dengan persentas keberhasilan sebesar 90% dan rata-ratanya sebesar 76,3. Oleh karena itu indicator ini sudah memperoleh sasaran yang ditentukan yakni minimal 80% siswa sudah mendapatkan nilai penetapan KKM  yang telah ditentukan oleh sekolah yakni sebesar 65. Dari hasil kegiatan penelitian ini jelas terlihat bahwa penggunaan sistem demonstrasi pada kelas I SDN 06 Talamau Kota Pasaman Barat mampu memperbaiki nilai hasil belajar siswa terhadap bahan pelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah.

Article Details

How to Cite
[1]
E. ., “MENINGKATKAN HASIL STUDI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH MENGUNAKAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP SISWA KELAS I SDN 06 TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 601, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

Aabdurrahman. 2003. Ppendidikan Bbagi Aanak Bberkesulitan Bbelajar. Jjakarta: Rrineka Ccipta.
Abi Manyu, Soli. 2009. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.
Anita, Sri. 2007. Sstrategi Ppembelajaran ddi sekolah Dasar. Jjakarta: Uuniversitas tterbuka
Anonim. 1999. Ppenelitian Ttindakan Kkelas.Jakarta: Proyek PGSM Dikti.
Ddepdikbud. 1980. Kkamus Bbesar Bbahasa Iindonesia. Jjakarta: Ddepdikbud.
Depdiknas. 2004. Ppendidikan Matematika I. Jjakarta: Depdiknas.
Hhamalik, Ooemar. 2001. Pproses Bbelajar Mmengajar.Jakarta: Bbumi Aaksara.
Hhudoyo, Hherman. 1990. Sstrategi Bbelajar Mmengajar Mmatematika. Mmalang: IiKIP.
Karim, Muchtar A. 1997. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Depdikbud.
Sardiman. 2000. Iinteraksi ddan Mmotivasi Bbelajar Mmengajar. Jjakarta: PpT Grasindo Ppersada.
Sslameto.2003. Bbelajar ddan Ffaktor-Faktor yyang Mmempengaruhinya. Jjakarta: PT. Rrineka Ccipta.
Sukmadinata, Nnana. 2002. Landasan Psikologi Pproses Pendidikan. Bbandung: PT. Rmaja Rrosdakarya.
Ssumarmo,Uutari.2002.Alternatif. Ppembelajaran Mmatematika ddalam Iimplementasi KBK.Bbandung: FfMIPA-UPI.
Supriyadi. 1991. Penilaian Pencapaian Hasil Belajar. Jakarta: Karuniaga.
Ssuripto, ddkk. 2007. Tterampil Bberhitung Matematika II. Jjakarta: Eerlangga.
Suwito, dkk. 1991. Pendidikan Matematika I. Jakarta: Depdikbud.
Tim Pengembangan MKDK. 2000. Psikologi Belajar. Semarang: IKIP Semarang Press.
Winkel, 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.