PENINGKATAN PROSES PEMBELAJARAN PADA MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA SISWA DI KELAS V SDN 06 TALAMAU KABUPATEN PASAMAN BARAT
Main Article Content
Abstract
Adapun poin penting dilaksanakanya riset ini adalah : 1) Mengetahui peningkatan pelaksanaan kajian pada materi Keseimbangan Ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran berbasis pemecahan masalah pada kelas V SDN 06 Talamau Kabupaten Pasaman Barat 2) Mengetahui evaluasi hasil belajar pada pelajaran Keseimbangan Ekosistem menggunakan model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah di kelas V SDN 06 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti melakukan pendekatan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus pembelajaran. Penelitian ini melibatkan guru dan siswa sebagai subjek dengan jumlah peserta didik sebanyak 24 orang yaitu siswa kelas V pada semester I tahun ajaran 2019/20120 SDN 06 Talamau Kabupaten Pasaman Barat. Pengumpulan data dilakukan dengan obsevasi dan dokumentasi. Hasil penerapan problem based learning guru dalam kegiatan pembelajaran siklus I jumlah skor yang diperoleh 24 dari skor maksimal 32 dengan persentase 75%, “kategori cukup.” Hasil penelitian siklus I pada aktifitas siswa adalah 71,87% dengan “kategori cukup”. Sementara hasil kegiatan pembelajaran guru pada siklus II, jumlah skor yang diperoleh 29 dari skor maksimal 32 dengan persentase 90,6%. Dengan “kategori sangat baik”. Hasil kegiatan siswa pada periode II, jumlah nilai yang diperoleh 29 dari skor maksimal 32 dengan persentase 90,6%, dengan “kategori sangat baik “. Artinya terdapat peningkatan hasil dalam proses pelaksanaan pembelajaran pada materi Keseimbangan Ekosistem dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Pemecahan Masalah di kelas V SDN 06 Talamau Kabupaten Pasaman Barat.
Article Details
References
Anisa, Marsali. 2016. Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Pendidikan guru sekolah dasar. 1(2):2.
Doli, Warizona, Oktaseda. 2015. Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (Pbl) di Kelas IV SD. Pendidikan guru sekolah dasar. 1(2):4.
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatf dan R & D. Bandung: Alfabeta.