PENGEMBANGAN CHEMISTRY QUARTET CARD (CHEMQURCA) PADA MATERI SISTEM KOLOID DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK

Main Article Content

Dea Prasetya Rahmat Rasmawan Lukman Hadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tingkat kelayakan dan respon calon guru (mahasiswa) terhadap Chemistry Quartet Card (Chemqurca) pada materi sistem koloid di SMA Negeri 8 Pontianak. Bentuk penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang mengadopsi model pengembangan ADDIE. Penentuan respon mahasiswa dilakukan dengan memberikan angket respon kepada 12 calon guru (mahasiswa) pendidikan kimia Universitas Tanjungpura Pontianak. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa Chemistry Quartet Card (Chemqurca) yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran ditinjau dari persentase kelayakan bahasa 96,6%, kelayakan media 95,8%,kelayakan materi 91,6% dengan skor total rata-rata 94,6% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil perhitungan angket respon mahasiswa dengan persentase 88,3% dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, hasil penelitian menunjukkan bahwa Chemistry Quartet Card (Chemqurca) yang dikembangkan layak digunakan sebagai pembelajaran pada materi sistem koloid.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Prasetya, R. Rasmawan, and L. Hadi, “PENGEMBANGAN CHEMISTRY QUARTET CARD (CHEMQURCA) PADA MATERI SISTEM KOLOID DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 36-41, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Agustina, P., Bahr, S., & Bakar, A. (2019). Analisis Faktor Penyebab Terjadinya Kejenuhan Belajar Pada Siswa Dan Usaha Guru BK Untuk Mengatasinya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 96–102.
Arsyad, A. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Asep, H. H. (2010). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.
Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Dasar, M. S., Sujana, Y., Daryanto, J., Yustinus, N., Fkip, P., Sebelas, U., Surakarta, M., & Riyadi, S. (2014). Pada Siswa Sekolah Dasar. 1(April), 43–49.
Kemendikbud. (2013). Penyelanggaraan Pendidikan Sistem Ganda Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan.
Khaeruman, K., Ahmadi, A., & Rehanun, R. (2015). Pengembangan Media Animasi Interaktif Pada Materi Laju Reaksi. Hydrogen: Jurnal Kependidikan Kimia, 3(1), 267. https://doi.org/10.33394/hjkk.v3i1.672
Larson, L. C., & Miller, T. N. (2011). 21st Century Skills: Prepare Students for the Future. Kappa Delta Pi Record, 47(3), 121–123. https://doi.org/10.1080/00228958.2011.10516575
Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, 1(2), 95. https://doi.org/10.31800/jkwangsan-jtp.v1n2.p95--105
Mulawarman, U., Studi, P., Pendidikan, S., Mulawarman, U., Timur, K., Studi, P., Pendidikan, M., Mulawarman, U., Timur, K., Magister, P., Pendidikan, M., Mulawarman, U., & Timur, K. (2020). Dengan Model Pembelajaran Teams Games And Tournaments Analysis Of Students Cognitive Abilities Taught Using Teams Games And Tournaments Learning Model Aided Quartet Hace Card On The Subject Of Colloid. 3(1), 13–17.
Murniayudi, H., Mustadi, A., & Jerusalem, M. A. (2018). Reciprocal teaching: Sebuah inovasi pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa PGSD. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 173. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3308
Padmanaba, I. K. G., Kirna, I. M., & Sudria, I. B. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kimia Koloid Berbantuan Komputer Untuk Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 15. https://doi.org/10.23887/jpk.v2i1.14126
Putri, R. S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Sistem Koloid Di Sma Negeri 2 Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, 108. https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/10021/
Prastowo, Andy.(2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Yogyakarta: DIVA Press.
Riduwan. (2015). Skala Perguruan Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rohman, A. A., & Karimah, S. (2010). Gmail.Com, 2. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi, 95–108.
Sari, I. P., Sari, S. A., & Rahmayani, R. F. I. (2016). Pengembangan Media Kartu Kuartet Pada Materi Asam Basa Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Aaktivitas Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(1), 1–10.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, . Bandung: Alfabeta.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global .pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140.