PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA KANTOR WALI KOTA PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Nur Hakima Akhirani Nasution

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrispikan pengaruh kepemimpinan dan kompetensi terhadap kinerja aparatur sipil negara pada kantor wali kota Padangsidimpuan. Permasalahan pokok yang diangkat dalam peneltian ini tidak makasimalnya kinerja pegawai khususnya pada kantor secretariat pemerintah Kota Padangsidimpuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai kantor walikota Padangsidimpuan sebanyak 158 orang. Sampel penelitian ditentukan dengan Teknik random sampling sebesar 25 % dari jumlah populasi diperoleh sebanyak 39 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan memberikan sejumlah pertanyaan berupa angket terstruktur.  Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear, rumus uji korelasi statistik r produk moment dan analisis SPSS 23.00. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh variabel kepemimpinan diketahui nilai thitung (2.303) lebih besar daripada ttabel (2,028) atau dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,027 < 0,05. Oleh karena itu, H1 diterima artinya kepemimpinan mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kinerja aparatur sipil negara. Sedangkan variabel kompetensi diketahui nilai thitung (3,200) lebih besar daripada ttabel (2,028) atau dapat dilihat dari nilai signifikansi 0,003 < 0,05. Oleh karena itu, H1 diterima artinya kompetensi mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kinerja aparatur sipil negara. Berdasarkan hasil uji statistik, analisis data dan pembahasan pada penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kepemimpinan dan kompetensi secara bersama-sama terhadap kinerja aparatur sipil negara pada kantor walikota Padangsidimpuan.

Article Details

How to Cite
[1]
N. H. Nasution, “PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA PADA KANTOR WALI KOTA PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 1, p. 646, Feb. 2021.
Section
Artikel

References

Ansori., Ali, Hapzi. (2015). Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Promosi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bungo. Jurnal Ilmiah Universitas Jambi Vol. 15 No. 1 Tahun 2015.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.
Moeheriono. 2012). Pengukuruan Kinerja Berbasis Kompetensi, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Pribadi, Saiful, F .(2004). Assesment Centre : Identifikasi, Pengukuran dan Pengembangan Kompetensi, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sedarmayanti. (2001). Teori Dan Peraktek Kepemimpinan, Jakarta : Graha Ilmu.
Soedjono. (2005). Pengaruh Kepuasan kerja Terhadap Kinerja Karyawan dan Efektivitas Organisasi. Jurnal Ekonomi Management Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra.
Tjuju Yuniarsih dan Swatno. (2002). Kepemimpinan dan Prilaku Administrasi, Jakrta : Rineka Cipta.