PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu menganalisa pengaruh kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring terhadap hasil belajar ekonomi kelas X,XI, dan XII IPS SMA Negeri 14 Surabaya. Pendekatan penelitian ini menggunakan quantitative appoarch. Populasi terdiri dari seluruh siswa IPS SMA Negeri 14 Surabaya dengan total 350 siswa dan jumlah sampel sejumlah 177 siswa. Data dihimpun melalui kuesioner untuk mendapat informasi mengenai kemandirian belajar siswa serta dokumentasi guna mendapatkan data jumlah siswa dan hasil belajar ekonomi siswa. Data diolah memakai analisis regresi linier sederhana melalui SPSS 23. Hasil pengolahan data memperlihatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran daring berpengaruh positif terhadap hasil belajar ekonomi. Kemandirian belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 57,5%.
Article Details
References
Dimyati, & Mujiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. PT.Rineka Cipta.
Endedijk, M. D., Brekelmans, M., Sleegers, P., & Vermunt, J. D. (2016). Measuring students’ self-regulated learning in professional education: bridging the gap between event and aptitude measurements. Quality and Quantity, 50(5), 2141–2164. https://doi.org/10.1007/s11135-015-0255-4
Gunawan, G., Prawoto, A., & Sumarmo, U. (2019). Mathematical Reasoning and Self Regulated Learning According to Student’s Cognitive Stage. (Jiml) Journal of Innovative Mathematics Learning, 2(1), 39. https://doi.org/10.22460/jiml.v2i1.p39-52
Hanifah, T. N. (2019). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 5(2), 49. https://doi.org/10.17509/jpak.v5i2.15411
Kartika, D., Hairida, & Erllina. (2013). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Vol. 2, No(4), 1–27.
Kharismawan, B., Haryani, S., & Nuswowati, M. (2018). Application of a pbl-based modules to increase critical thinking skills and independence learning. Journal of Innovative Science Education, 7(1), 78–86.
Kristanto, Y. D. (2020). Covid-19, Merdeka Belajar, dan Pembelajaran Jarak Jauh. Https://Creativecommons.Org/Licenses/By/4.0/, 1–12.
Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar.
Lasmita Sihaloho, Agus Rahayu, & Lili Adi Wibowo. (2018). Pengaruh Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Efikasi Diri Siswa. In Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jepk
M.Thobroni. (2017). Belajar dan Pembelajaran:Teori dan Praktik (M. Sandra (ed.)). Ar-Ruzz Media.
Mulyana, A., & Sumarmo, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Didaktik, 9(1), 40–51.
Mulyono, D., Asmawi, M., & Nuriah, T. (2018). The Effect of Reciprocal Teaching, Student Facilitator and Explaining and Learning Independence on Mathematical Learning Results by Controlling the Initial Ability of Students. International Electronic Journal of Mathematics Education, 13(3). https://doi.org/10.12973/iejme/3838
Mursari, C., Ernawanti, E., & Asyifa, Z. N. (2018). Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. 2(2), 329.
Nasution, P. R. (2017). Perbedaan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Pembelajaran Konvensional Di Smpn 4 Padangsidimpuan. 2(1).
Ormrod, J. E. (n.d.). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Erlangga.
Sari, E. N., & Zamroni, Z. (2019). The impact of independent learning on students’ accounting learning outcomes at vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 141–150. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i2.24776
Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005
Suhendri, H. (2015). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.117
Suprapto, R. B. (2018). Jurnal Pendidikan Empirisme.
Susanto, R., Rachmadtullah, R., & Rachbini, W. (2020). Technological and pedagogical models: Analysis of factors and measurement of learning outcomes in education. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 1–14. https://doi.org/10.29333/ejecs/311
Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar.
Tahar, I. (n.d.). Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh.
Wirayat, A., Matsum, J. H., & Okianna. (n.d.). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA.