THE NEED ANALYSIS FOR ENGLISH IN THE LAW FACULTY OF USN KOLAKA

Main Article Content

Rohima Nur Aziza Al Hakim Nasmah Riyani

Abstract

Mata Kuliah Bahasa Inggris merupakan Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang diajarkan di semua jurusan termasuk jurusan Ilmu Hukum. Mata Kuliah ini ditujukan untuk pengembangan keterampilan dan pemahaman materi yang disesuaikan dengan bidang ilmu tertentu. Namun dalam proses pengajarannya masih kurang efektif sebab materi yang di ajarkan kurang relevan dengan jurusan mahasiswa. Oleh karena itu, perlu diterapkan pengajaran Bahasa Inggris untuk tujuan tertentu (ESP) dengan melakukan analisis kebutuhan berdasarkan alasan dan tujuan mereka belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan; 1). Untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum dalam mempelajari Bahasa Inggris; (2) Untuk mengidentifikasi kebutuhan mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum dalam mempelajari Bahasa Inggris terkait materi English for Law. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan desain studi survei. Penelitan ini dilaksanakan di Program Studi Ilmu Hukum USN Kolaka. Objek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum semester enam tahun ajaran 2019/2020 yang telah memprogram Mata Kuliah Bahasa Inggris I pada semester satu dan Bahasa Inggris II pada semester dua. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara. Need analysis yang merupakan hal penting dalam aspek ESP ini mencakup beberapa keterampilan untuk menunjang karir atau pekerjaan mahasiswa kedepannya, khususnya speaking and listening dan didukung juga oleh keterampilan reading and writing.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Al Hakim and N. Riyani, “THE NEED ANALYSIS FOR ENGLISH IN THE LAW FACULTY OF USN KOLAKA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 111-113, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Algadrie, Lubna. 2003. Need Analysis: Strategic Issue on the Teaching of English for Spesific Purposes for the Study of Science and Technology. Journnal TEFLIN Vol. 14 No. 1. University of Sidney, Sidney.
Harsono, Y. M. 2007. Developing Learning Materials for Spesific Purposes. Journal TEFLIN Vol. 18 No. 2. Universitas Atmanegara, Jakarta.
Puspitasari, Indah. 2013. English For Computer Science: Sebuah Analysis Kebutuhan Bahasa Inggris Pada Mahasiswa Teknik Informatika. Jurnal Pro Bisnis Vol. 6 No. 1. STMIK AMIKOM, Purwokerto.