DAMPAK COVID-19 TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG

Main Article Content

Dharma Prasetya Permana ‘iffah Putri Eka Wiyanti Dharma Prasetya Permana

Abstract

Pandemi Covid-19 saat ini merupakan ancaman kesehatan berskala global dengan kasus terkonfirmasi dan angka kematian yang cukup tinggi . Pada 30 Januari 2020, WHO menetapkan wabah Covid-19 sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian secara internasional karena menimbulkan risiko tinggi terutama bagi negara-negara dengan sistem pelayanan kesehatan yang rentan. Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia, pemerintah menerapkan sistem PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) untuk jenjang Pendidikan SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi. Pembelajaran jarak jauh ini membutuhkan akses internet dari siswa untuk membantu menunjang proses pembelajaran dari sekolah. Namun jika kita melihat realitanya, sistem PJJ yang diterapkan saat ini nyatanya belum secara efektif dan efisien menjadi pengganti pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak dari Covid-19 khususnya sistem PJJ terhadap kesenjangan pendidikan di Indonesia terutama pada tingkat perguruan tinggi. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data meliput studi literatur dan penyebaran kuesioner kepada mahasiswa dan dosen di kampus ITB. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat membantu dalam penyusunan metode pembelajaran yang efektif dan efisien di masa pandemi ini supaya siswa dapat secara maksimal menerima pendidikan.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Permana, ‘iffah P. Wiyanti, and D. Permana, “DAMPAK COVID-19 TERHADAP PEMBELAJARAN PENDIDIKAN TINGGI DI INDONESIA INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 144-148, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

CDC.gov. (2020, 17 November). Social Distancing. Diakses pada 10 Maret 2021, dari https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/social-distancing.html
Firman. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. BIOMA Vol 2, No.1 hal 14-20
Gt Walker, P., Whittaker, C., Watson, O., Baguelin, M., Ainslie, K. E. C., Bhatia, S., … Ghani, A. C. (2020). The Global Impact of COVID-19 and Strategies for Mitigation and Suppression. Imperial College COVID-19 Response Team
Harnani S.Pd, Sri. bdkjakarta.kemenag.gov. (2020, 07 Juli). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19. Diakses pada 10 Maret 2021, dari https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19
Heryanto, Toto. dan Rochaeni, Atik. (2020). Dampak COVID-19 Pada Perguruan Tinggi di Indonesia. ResearchGate
Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis Second Edition. SAGE Publications
Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., … Agha, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery
Sun, S. Y. H. (2014). Learner perspectives on fully online language learning. Distance Education. https://doi.org/10.1080/01587919.2014.89142