UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODELDISCOVERY LEARNING BERBANTUAN POWERPOINTSECARA DARINGKELAS V SD

Main Article Content

Dwi Afnan Puji Astuti Agustina Tyas Asri Hardini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar aspek kognitif dan psikomotor IPA dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan powerpoint secara daring. Jenis penelitian ini adalah PTK dengan model Kemmis dan Mc Taggart (Arikunto, 2010:16). Penelitian dilakukan pada kelas V SDN Ledok 05 dengan jumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi yang digunakan untuk mengukur hasil belajar aspek psikomotor dan tes tertulis untuk mengukur hasil belajar aspek kognitif. Teknik analisis data menggunakan analisis ketuntasan dan analisis deskripsi komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa  (KKM ≥70) pada pra siklus sebesar 34%. Pada siklus I meningkat dengan tingkat ketuntasan sebesar 69%. Kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 93% dari jumlah keseluruhan siswa. Hasil belajar psikomotor juga mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa  kategori sangat baik sebanyak 2 siswa (7%), siswa yang memiliki kategori baik sejumlah 13 siswa (28%) dan siswa yang memiliki kategori cukup menjadi 7 siswa (26%). Peningkatan terjadi pada siklus II, siswa kategori sangat baik  sebanyak 7 siswa (24%), siswa yang memiliki kategori baik menjadi 20 siswa (76%). Dapat disimpulkan bahwa menerapkan model pembelajaran Discovery Learning berbantuan powerpoint secara daring dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Ledok 05 pada materi pengaruh kalor.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Puji Astuti and A. T. Hardini, “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MODELDISCOVERY LEARNING BERBANTUAN POWERPOINTSECARA DARINGKELAS V SD”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 96-100, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan, dan Ruang Lingkup Strategi Pebelajaran. MADRASAH, 5(2), 173.
Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Illahi, Mohammad Takdir. (2012). Pembelajaran Discovery Strategy dan Mental Vocational Skill. Jogjakarta: Diva Press.
Kristin, Firosalia. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa. 2(1), 98.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomer 37 Tahun 2018 yang berisi tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar dalam kurikulum 2013 Pasal 2A ayat 1.
Sagala, Syaiful. (2014). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanaky, H. (2013). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.
Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus.
Susanto, Ahmad. (2015). Teori Belajar Dan Pembelajaran Disekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.
Uno, Hamzah B. (2007). Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.