PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING DI SEKOLAH

Main Article Content

Fredik Melkias Boiliu Solmeriana Sinaga

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas pembelajaran pendidikan agama Kristen berbasis student centered learning di sekolah. Salah satu bentuk perubahan dalam pembelajaran PAK yang harus diterapkan di sekolah adalah perubahan dari Teacher Centered Learning (TCL) menjadi Student Centered Learning (SCL).”Pendekatan SCL dalam pembelajaran PAK di sekolah akan memberdayakan peserta didik sebagai center (pusat) selama proses pembelajaran.”Pembelajaran PAK dengan pendekatan SCL, peserta didik dilatih untuk membentuk konsep diri yang positif, terbuka, sabar dan kreatif serta berproses dalam pengalaman.”Dengan demikian, pendekatan SCL dalam pembelajaran PAK, peserta didik memiliki keinginan yang kuat dengan lingkungan sekitar dan juga sebagai pembina, penemu dan transformasi pengetahuan.” Aktor utama dalam pengajaran dan perencanaan SCL adalah peserta didik dan bukan guru.”Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yakni berisi teori-teori relevan terkait dengan masalah.”

Article Details

How to Cite
[1]
F. Boiliu and S. Sinaga, “PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN BERBASIS STUDENT CENTERED LEARNING DI SEKOLAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 120-126, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Andrianti, S. (2014). Pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa dalam Pendidikan Agama Kristen Sebagai Implementasi Kurikulum 2013. Antusias Jurnal Teologi Dan Pelayanan, 3(5), 1–12.
Boiliu, F. M. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Di Era Digital. Te Deum: Junal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 10(1), 107–119.
Evelin, & Hartini. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Fredik Melkias Boiliu, M. P. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga di Era Digital terhadap Pembentukan Spiritualitas dan Moralitas Anak. IMMANUEL Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 1(2), 76–91.
Hadi, S. (2011). Metode Penelitian (2nd ed.). Yogyakarta: Andi Offset Yogyakarta.
Handayan, B. D. (2011). Efektivitas Pembelajaran Aktif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif (Collaborative Learning) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Sektor Publik Pokok Bahasan Akuntansi Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD). Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 6(1), 62–77.
Isjoni & Firdaus, L. (2008). Pembelajaran Terkini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Istiatutik. (2017). Penerapan Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pelajaran Ekonomi. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 1(1), 45–1.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulia, K&Krisanti, E. (2016). Student Centered Learning di Perguruan Tinggi dengan Menerapkan Metode Problem Based Learning. Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia.
Nainggolan, J. M. (2009). Pendidikan Agama Kristen Dalam Masyarakat Majemuk. Bandung: Bina Media Informasi.
Nisak, Sutusna, S. (2012). Hubungan Penerapan Pendekatan Student Center Learning (SCL) dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Semester II Program D3 Kebidanan Universitas Padjadjaran Bandung. Bandung: Universitas Padjajaran.
Nurfitriyanti, M. (2016). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif, 6(2), 149–160.
Parwoto. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Collaborative Problem Based Learning (CPBL) Terhadap Kreativitas Anak Dalam Bermain Komputer. Pendidikan Usia Dini, 11(1), 97–114.
Prasetya, S. P. (2014). Memfasiltasi Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Jurnal Geografi, 12(1), 1–12.
Prastowo, A. (2011). Memahami Metode-Metode Penelitian: Suatu Tinjauan Teoretis & Praksis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Qamar, M. R., Ahmad, A., & Niaz, K. (2015). learning through small group discussion versus didactic lectures,. Pakistan Armed Forces Medical Journal, 3(1), 65.
Rini, W. A. (2019). Pembelajaran Dengan Pendekatan Student Centered Learning (SCL) Pada Sekolah Minggu. Shanan Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 85–96.
Sianipar, D. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Di Gereja Dalam Meningkatkan Ketahanan Keluarga. Jurnal Shanan Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 73–92.
Suarjani, N. W. (2019). Student Centre Learning (SCL) dalam pembelajaran di Sekolah Dasar ADI WIDYA. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 40–46.
Sujarweni, V. W. (2014). Metodeologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Perss.
Telaumbanua, A. (2018). Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Fidei, 1(2), 219-231.
Tung, Khoe Yao. (2015). Pembelajaran dan Perkembangan Belajar. Jakarta: Indeks.
Tung, Khoe Yau. (2016). Desain Instruksional. Yogyakarta: ANDI.