ANALISIS PERMINTAAN TENUN SIPIROK DI PASAR SANGKUMPAL BONANG KOTA PADANGSIDEMPUAN

Main Article Content

MARA JUDAN RAMBEY

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh :  harga tenun Spirok, harga tenun Tarutung, harga tenun Balige, pendapatan, selera, jumlah tanggungan dan ekspektasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap permintaan Tenun Spirok di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padang Sidempuan baik secara parsial maupun secara simultan.


Jumlah variabel yang akan diamati berjumlah 7, maka jumlah sampelnya adalah 7 x 8 = 56. Oleh karena jumlah sampel yang dijadikan responden dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 56 x 2 = 112 orang. Metode analisis adalah Ordinary Least Square (OLS).


Hasil penelitian menyimpulkan bahwa harga tenun Sipirok, Tarutung,  Balige, pendapatan, selera, jumlah tanggungan, dan ekspektasi berpengaruh signifikan terhadap permintaan tenun Spirok di Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padang Sidempuan. Dengan arti kata, penurunan harga tenun Sipirok, peningkatan harga tenun Tarutung, Balige, naiknya pendapatan, selera dan jumlah tanggungan akan berdampak terhadap peningkatan permintaan tenun Spirok. Namun, ekspektasi tidak berpengaruh signifikan permintaan tenun Spirok.


Berdasarkan hasil penelitian tersebut kebijakan-kebijakan yang dapat disarankan adalah Pemerintah Kota Padang Sidempuan bersama-sama dengan pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar selalu berkoordinasi untuk dapat mendorong naiknya permintaan Tenun Sipirok di pasaran.

Article Details

How to Cite
[1]
M. RAMBEY, “ANALISIS PERMINTAAN TENUN SIPIROK DI PASAR SANGKUMPAL BONANG KOTA PADANGSIDEMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 5, no. 1, p. 1, Jul. 2018.
Section
Artikel