ANALISIS KEBIJAKAN SEKOLAH UNTUK MENGEMBANGKAN MUTU INTERNAL SISWA SD TAMAN MUDA

Main Article Content

Zahrotul Hanah

Abstract

Pengelolaan dan kebijakan sekolah merupakan  satu faktor penentu dari keberhasilan pendidikan dalam mengembangkan mutu dan kualitas peserta didik. Pengembangan mutu intrnal siswa sebagai salah satu target pendidikan tidak dapat dicapai dengan mudah. Kurangnya anggran dan rendahnya mutu SDM tenaga pendidik ditenggarai sebagai penyebab dari keadaan tersebut. Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana kebijakan sekolah dalam mengembangkan mutu internal siswa. Metode penelitian yang digunakan untuk melaksanakan penilitian ini yaitu metode kualitatif. Dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif studi kasus di Sekolah Dasar Taman Muda Yogyakarta. Kata dan tindakan merupakan sumber utama dalam penelitian kualitatif begitu pula dengan penelitian yang penulis lakukan kali ini. Untuk memeperoleh data yang akurat maka penulis menganalisis data yang terkumpul menggunakan analisis kontruksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa visi serta tujuan Sekolah menjadi salah satu dasar atau acuan untuk mengambil sebuah kebijakan bagi sebuah lembaga sekolah. Kebijakan yang diambil oleh sekolah akan berdampak pada perkembangan mutu internal siswa. SD Taman Muda Yogyakarta merupakan salah satu lembaga yang menerapkan kebijakan penjamim mutu dalam pendidikan karakter untuk mengembangkan mutu internal siswa. Kendala atau masalah utama dalam mengimplementasikan kebijkan ini adalah belum optimalnya kegiatan riset dan pengembangan praktik dikalangan tenaga pendidik SD Taman Muda Yogyakarta.

Article Details

How to Cite
[1]
Z. Hanah, “ANALISIS KEBIJAKAN SEKOLAH UNTUK MENGEMBANGKAN MUTU INTERNAL SISWA SD TAMAN MUDA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 193-198, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Afiful Ikhwan, “Perguruan Tinggi Islam Dan Integrasi Keilmuan Islam : Sebuah Realitas Menghadapi Tantangan Masa Depan,” Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid, 2, 5 (Juli 2016).
Akiyoshi Yonezawa. “The Quality assurance system and market forces in Japanese”. HiherEducation V.43, January. 2002.
B. Purushothama. Effective Impelmentation Of Quality Management Systems. India :Woodhea Publising. 2010.
Budimansyah. Pendidikan Karakter. Bandung : Alpabeta. 2010.
Dr.Tutuk Ningsih. Implementasi Pendidikan Karakter. Purwokerto : STAIN Press. 2015.
H.R.S.Williams, “Widening The Lens To Teach Character Education Alongside Standards Curiculum”. The Clearing House, V.4 : June 2010.
Imam Sutomo, “Modification of Character Education into Akhlaq Education for the Global Community Life,” Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies 4, no. 2 (1 Desember 2014): 291, https://doi.org/10.18326/ijims.v4i2.291-316.
Katie. L. Bahm,” The Integration Of Character Education And Its Impact On Teachers’ Profesional Practice”, University Of Missouri-st Louis. Dissertation, January 2012.
Ki Hajar Dewantara. Pendidikan. Jakarta : Antara News. 2011. Cet. 4
Marvin W Berkowitz & Andrea Bustamante, “Using Research To Set Priorities For Charater Education In School : A Global Perspective” KEDI Journal Of Education Policy, January 2013.
Megawangi. PendidikanKarakter. Jakarta: Yayasan Obor. 2004.
Nurdin Nurdin, “To research online or not to research online: using internet-based research in Islamic Studies context,” IJIMS, Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies, 1, 7 (31 Juni 2017), https://doi.org/10.18326.
Sally-Anne Pitt. Internal Audit Qality:Developing a Quality Assurance and Improvement Program. New Jersey:Wiley. 2014.
Reichenbacher dan Einax J.W. “ Challenges In Analytical Quality Assurance”. NY:Springer. 2011.
Usman, U. Menjadi Guru Profesional. Bandung:Remaja Rosdakarya. 2005.
Wibisono. Menejemen Kinerja. Jakarta: Erlangga. 2006.