EVALUASI PEMBELAJARAN DARING DISMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT

Main Article Content

Husni Hanif Hasan Maksum Dedi Irfan Wakhinuddin .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Sumatera Barat berbasis LMS. Evaluasi pembelajaran daring tersebut menggunakan model evaluasi CIPP yaitu: context, input, process dan product.Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kombinasi desai Sequental Explanatory, menggabungkan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan angket/kuesioner dan kualitatif dengan wawancara secara berurutan, dimana teknik analisis data menggunakan persentase tingkat capaian responden (TCR) untuk data kuantitatif dan untuk kualitatif menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu: data reduction, data display dan conclusion/verification.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Sumatera Barat secara keseluruhan meliputi: Evaluasi context memperoleh standar skor rata-rata 73,91% dengan kategori cukup. Evaluasi input memperoleh standar skor rata-rata 76,99% dengan kategori cukup. Evaluasi process memperoleh standar skor rata-rata 74,13% dengan kategori cukup. Evaluasi product memperoleh standar skor rata-rata 67,88% dengan kategori cukup. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa program pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Sumatera Barat berbasis LMS masih dalam kategori cukup dan perlu diperbaiki untuk masing-masing aspek.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Hanif, H. Maksum, D. Irfan, and W. ., “EVALUASI PEMBELAJARAN DARING DISMK NEGERI 1 SUMATERA BARAT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 156-161, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Creswell, J. W. (2009). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.
Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Retrieved from papers2://publication/uuid/7A5A4345-A5CF-4613-B598-ABF1C11369FB.
Ellis, Ryann K. 2009. Field Guide to Learning Management Systems, ASTD Learning Circuits.
Ghufron, G. 2018. Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang, Dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. InSeminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2018. 1(1).332–337.
McMillan, J. H., & Schumacher, S. (2001). Research in education: A conceptual introduction.
Prokop, dkk. 2007. Slovakian Students’ Attitudes Toward Biology. Eurasia: Eurasia Journal of Mathematic, Science & Technology Education, 2007, 287-295.
Salam, R., & Soenarto. 2013. Evaluasi pelaksanaan program SMK kelas jauh di MAN Karanganyar. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 251–267.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Syamsuar, & Reflianto. 2018. Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah TeknologiPendidikan, Vol.6 No.2. doi:10.24036/et.v2i2.101343.
Tjandrawina, R. R. 2016. Industri 4.0: Revolusi industri abad ini dan pengaruhnya pada bidang kesehatan dan bioteknologi. Jurnal Medicinus, Vol.29 No.1.