PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 1101 AEK NABARA

Main Article Content

Sartika Rati Asmara Nasution

Abstract

Berdasarkan observasi dan wawancara peneliti di SDN 1101 Aek Nabara, bahwa rendahnya dan hasil belajar IPA siswa kelas IV. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa melalui Model Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa melalui Model Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini siswa kelas IV sebanyak 25 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pencatatan lapangan, lembar observasi, dokumentasi fhoto, lembar tes. Dari hasil penelitian, diperoleh persentase Aktivitas  siswa siklus I sebesar 74,17%, meningkat pada siklus II menjadi 87,56% dan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I sebesar 64,40% meningkat pada siklus II sebesar 82,50%. Jadi, pembelajaran IPA menggunakan Model Snowball Throwing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian, disarankan agar guru dapat menggunakan Model Snowball Throwing untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
S. R. Nasution, “PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SNOWBALL THROWING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 1101 AEK NABARA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 328-331, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi.dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. 2014. Pembelajaran Saintifik. Yogyakarta: Gava Media
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Istarani.2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kunandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan profesi Guru. Jakarta: Raja Wali
Saminanto. 2010. Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Semarang: RaSAIL Media Group
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sutanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara