PENERAPAN MODEL GUIDE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIA DI DESA SIAMPORIK DOLOK

Main Article Content

Lia Purnama Sari Dwi Aninditya Siregar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perlakuan yang diberikan kepada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar siswa yang menggunakan model guide inquiry dengan minat siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dalam pelajaran fisika kelas XI MIA di Desa Siamporik Dolok. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA SMA.  Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran guide inquiry tidak berbeda jauh dengan minat siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat pada hasil analisis deskriptif dari minat siswa pada kelas eksperimen memiliki rentang skor dari 48 sampai 67. Sedangkan pada kelas kontrol menunjukkan minat belajar siswa pada kategori sedang dengan rentang skor dari 42 sampai 55.  

Article Details

How to Cite
[1]
L. Sari and D. Siregar, “PENERAPAN MODEL GUIDE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI MIA DI DESA SIAMPORIK DOLOK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 314-316, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Agus, Suprijono. (2010). Cooperative Learning. Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Chodijah, Siti., Fauzi, Ahmad., & Wulan, Ratna. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Guided Inquiry yang Dilengkapi Penilaian Portofolio Pada Materi Gerak Melingkar. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika. 1(1), 1-19
Herdian. (2010). Model Pembelajaran Inkuiri. [On Line] tersedia: http://herdy07.wordpress.com/20 10/05/27/model-pembelajaraninkuiri/ (2010)
Jaba, Irnawati. (2018). Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Merauke. Jurnal Magistra.5(1), (062-072)
Sadirman. 2005. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Bandung
Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada
Sukma, Komariyah, L., & Syam, Muliati. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika. 18(1), 59-63.