BIMBINGAN PEMBELAJARAN ONLINE OLEH ORANG TUA BERPROFESI GURU DI SDK Sta. MARIA ASUMPTA KOTA KUPANG

Main Article Content

Femberianus Sunario Tanggur Vera Rosalia Bulu

Abstract

Peran orangtua dibutuhkan sebagai guru dirumah dalam membimbing anak-anaknya selama proses pembelajaran online. selain memberikan pengajaran dan pembelajaran untuk anak-anaknya, orangtua juga dituntut untuk mengerti dan paham materi pembelajaran anak-anaknya. keberadaan orang tua juga untuk memastikan anak belajar online fokus dan aman, memahami kelebihan serta kekurangan anak. Peran dan tugas ganda yang dilakukan orang tua siswa secara bersamaan adalah orang tua berprofesi sebagai guru. Orang tua dituntut untuk menjalankan tugasnya untuk membimbing anaknya dalam kegiatan pembelajaran online dan secara bersamaan dia harus menjalankan tugas profesinya memberikan pelayanan pembelajaran online kepada siswa disekolahnya. Kajian ini akan meneropong bagaimana pola bimbingan belajar online oleh orang tua yang berprofesi sebagai guru. Riset ini bertujuan untuk mengeksplor pola bimbingan belajar orang tua yang melakoni dua tugas dan tanggungjawab secara bersamaan baik tugas profesi maupuan tugas sebagai orang tua. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yaitu observasi,angket, wawancara, studi dokumen, menggunakan dua jenis sumber data yaitu primer: data observasi, data wawancara (teknik kriteria pemilihan informan kunci (Key Informan) yaitu guru yang memiliki anak usia sekolah dan data skunder diperoleh dari studi dokumen tentang fokus penelitian. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri (Human instrumen) dan instrumen komplementer (pelengkap) tape recorder, kamera, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman (Sugiyono,2018) yaitu pengumpulan data, reduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Pola bimbingan belajar online oleh orang tua berprofesi guru bahwa: Pertama, Pembagian tugas bimbingan belajar online antara suami dan istri sehingga proses bimbingan belajar tetap berjalan, Kedua, Memakai jasa guru privat  untuk membimbing anak dalam pembelajaran sehingga dapat memenuhi kebutuhan anak akan bimbingan pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. Ketiga, sebagai alternatif akan keterbatasan biaya mamakai jasa guru privat dan tuntutan akan peran orang tua dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pendidikan anak,  pembagian waktu secara efisien agar tidak ada yang dikorbankan baik itu anak maupun peserta didik. Selain itu tantangan dalam proses bimbingan belajar oleh orang tua berprofesi guru terhadap anak seperti perbedaan jenjang pendidikan berpengaruh terhadap  tingkat pemahaman materi pembelajaran yang diberikan selain itu juga rendahnya tingkat pemahaman terhadap materi yang diberikan menyebabkan proses bimbingan tidak berjalan secara efektif serta mahalnya biaya pembelajaran online seperti media pembelajaran, kuota internet.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Tanggur and V. Bulu, “BIMBINGAN PEMBELAJARAN ONLINE OLEH ORANG TUA BERPROFESI GURU DI SDK Sta. MARIA ASUMPTA KOTA KUPANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 353-357, May 2021.
Section
Artikel

References

Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rhineka Cipta.
Bella Elvira, dkk. (2019). Peran Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Disiplin Belajar Siswa. Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda). No.2: 87 -90
Hamdani, (2012). Bimbingan dan Penyuluhan, Bandung: Pustaka Setia, Bandung.
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoritis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hurdin, Muhammad. (2018). Kiat Menjadi Guru Profesional. Yogyakarta: Prisma Sophie
Lestari. (2012). Psikologi Keluarga. Jakarta: Kencana Preanada Media Group.
Pradhana, Nanda (2012). Pengaruh Intensitas Perhatian Orang Tua Dan MotivasiBelajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Se Gugus Ontoseno Bagelen Purworejo. http://eprints.uny.ac.id/9745/.
Rizqon Halal Syah Aji. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran 2020.Jurnal Sosial & Budaya Syar-i (SALAM), No. 7:395-402
Siti Z. Lutfiah, (2020). Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online Di Rumah Selama Pandemi Covid-19. Dealeklik Jurnal, Vol. 2:69-73
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Surat Edaran KEMENDIKBUD No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran covid-19
Syamsu Yusuf & Juntika Nurihsan. (2012). Landasan Bimbingan & Konseling. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Wasti, Soemanto,(2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta,
Winingsih, Endang. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Poskita.co: https://poskita.co/2020/04/02/peran-orangtua-dalam-pembelajaran-jarak-jauh