PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DARING SERTA KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI

Main Article Content

Siti Masru’ah Rufi’i . Yoso Wiyarno

Abstract

Masalah yang menjadi perhatian dalam penelitian ini adalah Efektivitas penggunaan metode pembelajaran PBL dan daraing pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran akuntansi dengan menggunakan model Daring. Penelitian ini adalah untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh metode pembelajran PBL dan daring serta kemampuan awal terhadap hasil belajar akuntansi kelas XI SMK YPM 11 Wonoayu dan SMK YPM 5 Sukodono.  Penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif dengan data penelitian berupa angka dan menggunakan analisis statistik. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode Quasi Experimental Design yang memiliki kelompok kontrol, yang tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel luar yang dapat mempengaruhi ekperimen. Dalam penelitian ini data dikumpulkan dengan pengisian angket pre tes, dan tes pilihan ganda. Berdasarkan hasil penelitian ada perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang memiliki kemampuan awal  tinggi dan memiliki kemampuan rendah pada mata pelajaran akuntansi. Dari perhitungan didapat nilai F hitung  sebesar 29,765 dengan nilai signifikansi 0,000. Rata-rata hasil belajar yang mempunyai kemampuan awal  tinggi sebesar 86,53 dan siswa yang memiliki kemampuan awal rendah 85,10. Berdasarkan Penelitian ada interaksi antara penggunaan strategi pemebelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar pelajaran akuntansi dengan kompetensi siklus akuntansi, dari perhitungan didapat nilai F hitung sebesar 9,977 dengan signifikansi 0,002. Dari hasil pembahasan bahwa kemampuan awal tinggi berpengaruh terhadap hasil belajar

Article Details

How to Cite
[1]
S. Masru’ah, R. ., and Y. Wiyarno, “PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DARING SERTA KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 162-167, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Aldila, S., & Mukhaiyar, R. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Kelas X SMK Negeri 1 Bukittinnggi. Ranah Research, 2(2), 51–57.
Bella, O. K., & Bachri, B. S. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar pada materi massa jenis mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas vii di sekolah menengah pertama Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 10(10).
Dewa, E., Maria Ursula Jawa Mukin, & Oktavina Pandango. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Berbantuan Laboratorium Virtual Terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Fisika. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 351–359. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.288
Firmansyah, M. A. (2017). Peran Kemampuan Awal Matematika Dan Belief Matematikaterhadap Hasil Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 55. https://doi.org/10.31000/prima.v1i1.255
Hasrida, Muhammad Danial, P. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Awal Terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar. 2(2), 44–57.
Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1893
Jayul, A., & Irwanto, E. (2020). Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19 Achmad. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 6(2), 190–199.
Kamaliah, D. (2019). RETRACTED: IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BAGI PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMK INKLUSIF NEGERI 2 MALANG. JPI (Jurnal Pendidikan Inklusi), 3(1). https://doi.org/10.26740/inklusi.v3n1.p60
Kelas, D., Smp, V., Kaledupa, N., Wakatobi, K., Studi, P., Biologi, P., & Timor, U. (2019). BIO-EDU : Jurnal Pendidikan Biologi Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Peserta. 4(2), 79–86.
Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1), 76. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1499
Lilies Mulyaningsih, Rufi’i, D. A. W. (2021). PROJECT BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING Edcomtech.
Lugu, L., Khoiri, A., & Mulyani, P. S. (2021). PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA KELAS IV MI MA ’ ARIF. 2(1).
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67–76.
Moh. Thoyib, M. Subandowo, Y. W. (2021). PENERAPAN E-LEARNING DENGAN ANALISIS PENGETAHUAN AWAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMK Moh. 6(1), 12–23.
Ningsih, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Evaluasi Program Kepelatihan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 13(2), 126. https://doi.org/10.24114/jtp.v13i2.19885
NURFADILLAH SALAM, S. & J. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran … Pengembangan Media Pembelajaran …. AL-Ahya, 01(01), 219–232.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.
Santika, I. W. D., Parwati, N. N., & ... (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Setting Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Kemampuan Pemecahan Masalah …. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, X, 105–117. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_tp/article/view/3397
Sari, I. P., Supandi, S., & Ariyanto, L. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 102–107. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i2.5770
Studi, P., Akuntansi, P., Ekonomi, F., Surabaya, U. N., Studi, P., Akuntansi, P., Ekonomi, F., & Surabaya, U. N. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI AKUNTANSI PADA MATERI PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK NEGERI 1 SOOKO MOJOKERTO.
Suharsono, Riyanto ; Rahmasari, Gusti Putu Ayu, 2016. (2016). Jurnal 1. In Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Cost of Capital (COC) Dengan Kepemilikan Institusional Sebagai (Vol. 109, Issue 1, pp. 109–119).
Vatillah, V., Ambarwati, L., Hakim, L. El, Pendidikan, M., Pascasarjana, M., & Negri, U. (2020). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF REGULATED LEARNING DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIKA SISWA. 13(1).
Yuangga, K. D., & Sunarsi, D. (2020). Vol. 4 No. 3 Juni 2020. ( Kharisma Dan Denok, 2020 ), 4(3), 51–58.
Yurindah, Y., B, A., & Hamid, R. (2020). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PERUBAHAN SUHU DAN WUJUD BENDA PADA SISWA KELAS VC SDN 36 KENDARI. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar. https://doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13699
Zulkarnain, I. (2019). Pengaruh Kemampuan Awal terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 11(2), 88–94. https://doi.org/10.37640/jip.v11i2.94