INVENTARISASI DAN PERSEBARAN JENIS BURUNG DI SUAKA MARGASATWA BARUMUN SUMATERA UTARA

Main Article Content

Nurul Husna Siregar Hasri Abdillah

Abstract

Suaka Margasatwa (SM) Barumun secara administratif terletak di empat Kabupaten yaitu Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Tapanuli Selatan, dan Mandailing Natal Provinsi Sumatera Utara dengan luas kawasan ± 40.330 Ha. Pola spasial organisme merupakan aspek yang penting untuk dipelajari karena merupakan karakter penting dalam ekologi komunitas. Tiap-tiap jenis burung memiliki respon yang berbeda-beda. Keberadaan suatu spesies di suatu habitat sangat tergantung pada ketersediaan sumber pakan dan kondisi habitat yang sesuai. Penelitian bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis dan persebaran burung yang terdapat di SM Barumun. Pengambilan data dilakukan dari bulan Juli sampai Agustus 2018 pada tiga resort di SM Barumun, yaitu Resort Barumun I, Resort Barumun II, dan Resort Barumun III. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode survei. Berdasarkan hasil pengamatan didapatkan 57 spesies dari 22 famili, jumlah spesies tertinggi ditemukan pada famili Pycnonotidae sebanyak 8 spesies dan Capitonidae serta Nectariniidae masing-masing didapatkan 6 spesies. Menurut persebarannya Nyctyornis amictus memiliki persebaran merata dan terdapat pada tiga resort. Ditemukan juga spesies yang terancam secara global. Mengacu pada IUCN Red List, terdapat dua spesies dikategorikan vulnarable/rentan (Chloropsis sonnerati dan Pycnonotus melanicterus), dan 11 spesies near threatened/hampir terancam. Tiga belas spesies dilindungi oleh Permen LHK No. P.106 Tahun 2018.


 


 

Article Details

How to Cite
[1]
N. Siregar and H. Abdillah, “INVENTARISASI DAN PERSEBARAN JENIS BURUNG DI SUAKA MARGASATWA BARUMUN SUMATERA UTARA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 302-306, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Eaton JA, Balen BV, Brickle NW, Rheindt FE. 2016. Bird of the Indonesian Archipelago Greater Sundas and Wallacea.
Hernowo JB. 1989. Suatu Tinjauan Terhadap Keanekaragaman Jenis Burung dan Peranannya di Hutan Lindung Bukit Soeharto, Kalimantan Timur. Media Konservasi. 2(2): 19-32.
https://bbksdasumaterautara.com/sm-barumun/. Diakses 11 Juni 2018.
Kuswanda, W. 2010. Pengaruh Komposisi Tumbuhan terhadap Pupulasi Burung di Taman Nasional Batang Gadis, Sumatera Utara. Jurnal Penelitian Hutan dan Konservasi Alam. 7(2)
MacKinnon J, Phillips K, Balen BV. 2010. Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Rahardjaningtrah W, Adikerana A, Martodihardjo P, Supardiyono EK, Balen BS, penerjemah; Sumadipura S, Kartikasari A, editor. Bogor (ID): Puslitbang Biologi-LIPI.
Nasir M. 2016. Keanekaragaman Burung Di Hutan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Utara. [Skripsi]. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Odum EP. 1993. Dasar-dasar Ekologi. Terjemahan Tjahjono Samingan. Edisi Ketiga. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Safanah NG, Nugraha CS, Partasasmita R, Husodo T. 2017. Keanekaragaman Jenis Burung di Taman Wisata Alam dan Cagar Alam Pananjung Pangandaran, Jawa Barat. Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon. 3(2).
Widodo W. 2012. Jenis Burung Di Hutan Gunung Slamet, Jawa Tengah. Jakarta: LIPI Press.
Wisnubudi G. 2009. Penggunaan Strata Vegetasi oleh Burung di Kawasan Wisata Taman Nasioanal Gunung Halimun-Salak. Visi Vitalis 2 (2): 41-49.
Www.iucnedlist.org/pdflink.118735904