PENGGUNAAN PROBLEM SOLVING SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII D SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 39 SURABAYA KECAMATAN TENGGILIS MEJOY

Main Article Content

Tjatur Indriani

Abstract

Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka guru dituntu untuk dapat memanfaatkan produk – produk teknologi tersebut, dalam rangka membantu kelancaran pelaksanaan pengajaran di sekolah, khususnya tujuan kurikulum mata pelajaran Matematika dapat tercapai dengan baik. Untuk mencapai tujuan tersebut yang dapat digunakan oleh guru sebagaipenunjang dalam proses belajar mengajar diantaranya dengan menetapkan metode – metode pembelajaran yang bervariasi. Perkembangan dan perubahan secara terus menerus menuntut perlunya perbaikan system pendidikan nasional termasuk penyempurnaan kurikulum. Oleh karena itu penyempurnaan kurikulm yang mewujudkan untuk masyarakat yang mampu bersaing dan menyesuaikan diri dengan perubahan jaman. Metode problem solving adalah metide pengajaran yang digunakan dengan  cara pemecahan masalah. Metode ini dikembangkan oleh John Dewey (1913) yang titik beratnya terletak pada “pemecahan masalah secara rasional, logis, benar dan tepat dengan penentuan alternative yang berguna”. Landasan metode ini adalah berpikir reflektif atau berpikir kritis dengan pola : (1) menyadari adanya masalah, (2) mencari petunjuk pemecahannya dengan menggunakan cara yang paling tepat, dan (3) memecahkan masalah dengan bekerjasama dengan orang lain. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMP Negeri 39 Surabaya Kecamatan Tenggilis Mejoyo, di dalam penelitian ini peneliti menjabat sebagai guru pengajar. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas VII D semester ganjil tahun pelajaran 2018 / 2019 yang berjumlah 40 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu bulan Juli sampai dengan bulan Agustus 2018. Nilai rata – rata hasil belajar siswa Siklus Pertama adalah 66,40 cukup, dan kemudian pada pelaksanaan Siklus Kedua meningkat menjadi 81,50 baik. Hal ini menunjukkan bahwa penelitian yang berhasil dan telah membuktikan kebenaran hipotesis penelitian yaitu dengan menerapkan metode Problem Solving pada mata pelajaran Matematika dapat meningat prestasi belajar siswa kelas VII D  semester ganjil SMP Negeri 39 Surabaya Kecamatan Tenggilis Mejoyo Kota Surabaya Tahun Pelajaran 2018 / 2019.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Indriani, “PENGGUNAAN PROBLEM SOLVING SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN BULAT MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII D SEMESTER GANJIL SMP NEGERI 39 SURABAYA KECAMATAN TENGGILIS MEJOY”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 215-219, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Asmarawanty. 2000. Penerapan metode Problem Solving. Jakarta. Buletin Pelangi Pendidikan.
Depdikbud.1994.Garis-garis Besar Program Penggajaran Matemtika Buku IV.Jakarta:Depdikbud.
Johnson,D.W. 1991.Problem Solving in the Classrom,Interacion Book Company.Edin:Minnesota.
Santoso,B. 1998. Problem Solving:Penerapan Jing Saw Dalam pembelajaranMatematika.Surabaya.
Sulthon, M. 2000. Analisis Data statistic Untuk Kajian Sederhana. Jember: Laboratorium Microteaching FKIP Universitas Jember.