PERKEMBANGAN KOSAKATA PEMELAJAR SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Ahmad Bayu Prastyo Syamsul Sodiq Suhartono .

Abstract

Kosakata merupakan salah satu aspek kebahasaan yang penting untuk dikuasai. Dengan penguasaan kosakata yang memadai dapat membantu memeroleh informasi dan pengetahuan dengan mudah.Untuk mengukur penguasaan kosakata dapat dilakukan melalui jumlah lema yang dikuasai, kosakata favorit yang muncul dalam tulisan, dan bentuk kata (dasar dan turunan). Tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah perkembangan kosakata pemelajar SD melalui karangan cerita yang dihasilkan. Data penelitian berupa kosakata dalam karangan cerita pemelajar SD kelas 1—6. Metode penelitian yang digunakan adalah metode ­deskriptif cross sectional. Metode ini menekankan pada pengambilan data satu waktu di saat yang sama. Dengan metode ini, memungkinkan untuk meneliti perkembangan objek dengan waktu yang singkat. Hasil penelitian ini terdiri atas tiga hal, yaitu: 1) perkembangan kosakata pemelajar SD berdasarkan jumlah lema yang dikuasai termasuk dalam kategori kurang baik. Hal tersebut didasari oleh jumlah lema yang fluktuatif. Beberapa faktor yang mungkin memengaruhi perkembangan kosakata berdasarkan jumlah lema meliputi pembelajaran bahasa, intelektual, dan gender. 2) Perkembangan kosakata pemelajar SD diukur dengan kosakata favorit menunjukkan perkembangan yang baik. Frekuensi kemunculan kosakata favorit sesuai dengan judul menunjukkan bahwa judul dan isi saling berkait dan memiliki keselarasan. Selain itu, dari jenis kosakata juga terbukti kosakata umum dan khusus terdapat dalam daftar kosakata favorit.. 3) Perkembangan kosakata pemelajar SD diukur dengan bentuk kata yang dipakai menunjukkan perkembangan yang kurang baik. Jumlah kata dasar dan turunan yang digunakan juga fluktuatif. Sama halnya dengan pengukuran berdasarkan lema.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Prastyo, S. Sodiq, and S. ., “PERKEMBANGAN KOSAKATA PEMELAJAR SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 225-231, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Alwi, H., Dardjowodjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2005). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Perum Balai Pustaka.
Amalputra. (1994). Pengaruh Teknik Penerjemahan terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Ditinjau dai Aspek Kemampuan Verbal. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman, FBS UNY.
Budiharto. (2008). Metodologi Penelitian Kesehatan. EGC.
Chabibah, S., & Kisyani. (2018). Perkembangan Kosakata dan Fonotaktik pada Buku Ajar BIPA Tingkat A1 — C2 Terbitan Kemendikbud. Jurnal Bahasa Indonesia., 01(01), 1–9.
Chaer, A. (2007). Leksikologi dan Leksikografi Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Foorman, B. R., York, M., Santi, K. L., & Francis, D. (2008). Contextual effects on predicting risk for reading difficulties in first and second grade. Reading and Writing, 21(4), 371–394. https://doi.org/10.1007/s11145-007-9079-5
Hilaliyah, T. (2018). Penguasaan Kosakata dan Kecerdasan Interpersonal dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa. Journal Membaca Bahasa & Sastra Indonesia, 3(2), 157–167.
Hurlock. (2012). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Khomsah, A. N. (2011). Peningkatan Penguasaan Kosakata Melalui Media Pass Picture Dengan Menggunakan Metode Permainan Kata Pada Siswa Kelas B-2Tk Kartika Iii-20 Srondol Semarang.
Kusmaita. (2019). Korelasi antara Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 114–121. https://doi.org/10.33369/diksa.v5i2.9921
Laksono, K., Inayatillah, F., Mintowati, & Mukzamila. (2018). The Development of Vocabulary in Bahasa Indonesia Textbook for Senior High School. 222(SoSHEC), 47–49. https://doi.org/10.2991/soshec-18.2018.10
Leslie, R. O. N., & Calfeet, R. C. (1971). Visual search through word lists as a function of grade level, reading ability, and target repetition. 10(3), 169–171.
Lin, L.-F. (2010). Senior High School Students’ Reading Comprehension of Graded Readers. Journal of Language Teaching and Research, 1(1), 20–28. https://doi.org/10.4304/jltr.1.1.20-28
Markus, N., Kusmiyati, K., & Sucipto, S. (2018). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak Usia 4-5 Tahun. Fonema, 4(2), 102–115. https://doi.org/10.25139/fonema.v4i2.762
Mintowati, M., Kisyani-Laksono, & Prastyo, A. B. (2020). Favorite Vocabulary in Students’ Thesis and Dissertation of S-2 and S-3 Study Programs Language and Literature Education. 421(Icalc 2019), 461–467. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200323.053
Mubarok, H. (2017). Menumbuhkembangkan Budaya Literasi. Jurnal Kajia-Kajian Ilmu Keislaman, 07 No 1(Strategi Pendidikan Islam dalam era digital), 47–60.
Muharudin, E., & H. Haryadi. (2016). Peningkatan Penguasaan Kosakata dalam Bahasa Indonesia dengan Metode Bermain Peran pada Siswa TK. 3(2), 142–151.
Mumpuni, A., & Supriyanto, A. (2020). Pengembangan Kartu Domino Sebagai Media Pembelajaran Kosakata bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(1), 88–101. https://doi.org/10.17977/um009v29i12020p088
Okta, D. (2019). Peningkatakan Penguasaan Kosa Kata Siswa Melalui Media Kartu Tempel Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Kelas I Sekolah …. Retrieved from http://repository.iainbengkulu.ac.id/2815/
Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Dalam Keterampilan Membaca Melalui Teka-Teki Silang. Jurnal Puitika, 11(1), 82–93.
Prastyo, A. B. (2018). Perkembangan Jenis Kalimat dalam Bahan Ajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing ( BIPA ). BAPALA, 05(02).
Putrayasa, I. B. (2010). Kajian Morfologi: Derivasional dan Infleksional. Bandung: Refika Aditama.
Riswiarti, L. (2021). Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Kelas 1 dengan Media Kartu Kata Bergambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Kebonagung 03 Tahun Pelajaran 2020 / 2021. 3(2), 15–30.
Subana, M., & Sunarti. (2011). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia: Berbagai Pendekatan, Metode, Teknik, dan Media Pengajaran (3rd ed.). Bandung: Pustaka Setia.
Syafryadin, Wardhana, D. E. C., Apriani, E., & Noermanzah. (2020). Maxim variation, conventional and particularized implicature on students’ conversation. International Journal of Scientific and Technology Research, 9(2), 3270–3274. https://doi.org/10.31219/osf.io/cza8y
Utami, D. W. (2014). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia melalui Media Papan Selip (Slot Board) pada Siswa Kelas II SDN 2 Karangtalun Tahun 2013/2014.
Zahro, U. A., Noermanzah, & Syafryadin. (2020). Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Anak dari Segi Umur, Jenis Kelamin, Jenis Kosakata, Sosial Ekonomi Orang Tua, dan Pekerjaan Orang Tua. … Pendidikan Bahasa Dan …, 187–198. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13675