PERUBAHAN PROFIL KONSEPSI IPA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL MODIFIKASI CAM (CONCEPT ATTAINMENT MODEL) DI SDN PACARKEMBANG I/192 SURABAYA

Main Article Content

Didin Susiati Muslimin Ibrahim Utiya Azizah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perubahan profil konsepsi IPA peserta didik menggunakan model modifikasi CAM (Concept Attainment Model) yang diujicobakan pada 15 peserta didik kelas V SDN Pacarkembang I/192 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen one group pretetst posttest design. Instrumen penelitian yang digunakan Three Tiers Test dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif untuk memaparkan konsepsi IPA peserta didik. Keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model modifikasi CAM sangat baik dan terjadi perubahan profil konsepsi peserta didik. Secara keseluruhan rerata hasil uji coba terbatas menunjukkan bahwa persentase miskonsepsi IPA peserta didik saat pretest sebesar 74%, kemudian turun menjadi 37% saat posttest, dan mengalami penurunan lagi saat diberikan test retensi menjadi 25%. Selain itu, persentase pemahaman konsepsi IPA peserta didik saat pretest sebesar  9%, kemudian menjadi 55%  saat posttest, dan saat diberikan test retensi menjadi  71%.  Begitu juga peserta didik yang tidak memahami konsep juga mengalami perubahan persentase saat prestest 16.8%, posttest 8.6% dan saat tes retensi sebesar 4.7%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran denganmenggunakan model modifikasi CAM dapat mengubah profil konsepsi IPA peserta didik

Article Details

How to Cite
[1]
D. Susiati, M. Ibrahim, and U. Azizah, “PERUBAHAN PROFIL KONSEPSI IPA PESERTA DIDIK MELALUI MODEL MODIFIKASI CAM (CONCEPT ATTAINMENT MODEL) DI SDN PACARKEMBANG I/192 SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 232-236, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Ainiyah, M., Ibrahim, M., & Hidayat, M. (2018). The Profile of Student Misconceptions on the Human and Plant Transport System.Journal of Physics: Conference Series, 947, 012064. Doi:10.1088/1742-6596/947/1/012064.
Arends, R. I. (2013). Belajar Untuk Mengajar, Learning to Teach. Jakarta: Salemba Humanika.
Aydeniz, M., Bilican, K., & Kirbulut, Z.D., (2017). Exploring Pre-Service Elementary Science Teacher's Conceptual Understanding of Particulate Nature of Matter through Three-tier Diagnostic Test. International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology. Volume 5, Number 3. DOI 10.18404/ijemst.296036
Canada, C. F. (2017). Change in Elementary School Students” Misconceptions on Material System after a Theoretical-Practical Instruction. International Electronic jurnal of Elementary Education, 9(3), 499-510
Clement, J. (1987). Overcoming students” misconceptions in physics: the role of anchoring intuition and analogical validity. In Proceedings of the Second. International Seminar on Misconceptions and Educational Strategies in Science and Marhemarics, Vol. TI, 84-97. Ithaca, NY: Comell University.
Dimec, D. S., & Strgar, J. (2017). Scientific Conceptions of Photosynthesis among Primary School Pupils and Student Teachers of Biology. Journal | Vol.7 |
Dindar, A. C., & Geban, O. (2011). Develdpment of a three-tier test to “Assess High School Students' Understanding of Acids and Bases. Procedia–Social and Behavioral Sciences. 15:600-604 DOI: 10.1016/j.sbspro.2011.03.147
Ibrahim, M. (2012). Konsep, Miskonsepsi, dan Cara Pembelajarannya. Surabaya: University Press Surabaya
Ibrahim, M. (2018). Perubahan Konsepsi IPA Melalul Modifikasi Model Pemerolehan Konsep. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Pesman, H. (2005). “Development of a ThreeTierTest to Assess Ninth Grade Students’Misconceptions about Simple ElectricCircuits”, Middle East TechnicalUniversity: tidak diterbitkan, p. 171
Pesman, H., & Eryilmaz, A. (2010). Development of a Three-Tier Test to Assess Misconceptions About Simple Electric Circuits. The Journal of Educational Research, 103:208-222, 2010. DO1:10.1080/ 00220670903383002