HUBUNGAN STATUS GIZI DAN STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP AKTIVITAS FISIK SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara status gizi dan status sosial terhadap aktifitas fisk siswa SDN Pacarkeling 10 Surabaya selama masa Pandemi Covid 19. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan menggunakan dua variabel bebas (status gizi dan status sosial) dan satu variabel terikat (aktifitas fisik). Dalam penelitian ini mengambil sampel dari suatu populasi yang berjumlah 60 orang dengan menggunakan metode cluster random sampling. Hasil penelitian yang didapat dari status gizi yaitu 49 siswa gizi berlebih dan 11 siswa obesitas, jadi rata-rata status gizi siswa adalah gizi berlebih (overweight). Untuk status sosial ekonomi orang tua siswa bervariasi, berkategori sangat kurang 7 orang, kurang 16 orang, cukup 21 orang, baik 10 orang, dan sangat baik 6 orang. Jadi rata-rata status sosial ekonomi orang tua siswa adalah cukup. Dan aktifitas fisik siswanya berkategori kurang sekali 9 orang, kurang 32 orang, cukup 14 orang, baik 5 orang, dan baik sekali 1 orang. Sehingga rata-rata aktifitas fisik siswa adalah kurang.
Article Details
References
Anggraini, L., & Mexitalia, M. (2014). Hubungan Tingkat Aktivitas Fisik Terhadap Status Gizi Pada Anak Usia Prasekolah. Jurnal Kedokteran Diponegoro, 3(1), 115667.
Almatsier, S. (2002). Prinsip dasar ilmu gizi. Gramedia Pustaka Utama.
Ali, R., & Hussain, I. (2019). How Socioeconomic Classes Influence Academic Grades of Elementary School Students ? Defining Mediation Role of School Backgrounds and Cognitive Processing Strategies, 22(2), 201–227.
Arsani, N. L. K. A. (2014). Manajemen gizi atlet cabang olahraga unggulan di kabupaten Buleleng. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 3(1).
Asmare, B., Taddele, M., Berihun, S., & Wagnew, F. (2018). Nutritional status and correlation with academic performance among primary school children, northwest Ethiopia. BMC Research Notes, 11(1), 1–6. https://doi.org/10.1186/s13104-018-3909-1
Astuti, F. D., & Sulistyowati, T. F. (2013). Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu dan Tingkat Pendapatan Keluarga Dengan Status Gizi Anak Prasekolah dan Sekolah Dasar Di Kecamatan Godean. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health), 7(1). https://doi.org/10.12928/kesmas.v7i1.1048
Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497
Cachón-Zagalaz, J., Zagalaz-Sánchez, M., Arufe-Giráldez, V., Sanmiguel-Rodríguez, A., & González-Valero, G. (2021). Physical Activity and Daily Routine among Children Aged 0–12 during the COVID-19 Pandemic in Spain. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(2), 703.
Cholifah, C., & Hadikasari, A. A. (2016). Hubungan Anemia, Status Gizi, Olahraga dan Pengetahuan dengan Kejadian Dismenore pada Remaja Putri. Jurnal Kebidanan Midwiferia, 1(1), 30-44.
Chotimah, L. N., Ani, H. M., & Widodo, J. (2017). Pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa (Studi kasus siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jember tahun ajaran 2016/2017). Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(1), 75-80.
Colley, R. C., Clarke, J., Doyon, C. Y., Janssen, I., Lang, J. J., Timmons, B. W., & Tremblay, M. S. (2019). Trends in physical fitness among Canadian children and youth. Health Rep, 30(10), 3-13.
Costello, F. E., Duggan, K., Lang, E., & Norris, S. (2021). A safe return to sport and the right to play during COVID-19. CMAJ, 193(8), E291-E291.
Erkelenz, N., Kobel, S., Kettner, S., Drenowatz, C., & Steinacker, J. M. (2014). Parental activity as influence on children’s BMI percentiles and physical activity. Journal of Sports Science and Medicine, 13(3), 645–650.
Farradika, Y., Umniyatun, Y., Nurmansyah, M. I., & Jannah, M. (2019). Perilaku Aktivitas Fisik dan Determinannya pada Mahasiswa Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), 4(1), 134-142.
Fitriana, A. A. (2020). Pemahaman Orang Tua Mengenai Gizi Anak. Jurnal Pendidikan Modern, 5(3), 96–101. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i3.92
Flores, O. C., Orellana, Y. Z., Leyton, B. D., Valenzuela, R. B., Barrera, C. R., Almagià, A. F., … Ivanovic, D. (2018). Overnutrition and Scholastic Achievement: Is There a Relationship? An 8-Year Follow-Up Study. Obesity Facts, 11(5), 344–359. https://doi.org/10.1159/000492004
Gros, D. (2020). The great lockdown : was it worth it ?, 1–11. Diambil dari https://www.ceps.eu/ceps-publications/the-great-lockdown/
Guan, H., Okely, A. D., Aguilar-Farias, N., del Pozo Cruz, B., Draper, C. E., El Hamdouchi, A., ... & Veldman, S. L. (2020). Promoting healthy movement behaviours among children during the COVID-19 pandemic. The Lancet Child & Adolescent Health, 4(6), 416-418.
Haskell, W. L. (2012). Physical activity by self-report: a brief history and future issues. Journal of physical activity & health, 9 Suppl 1(Suppl 1), 5–10. https://doi.org/10.1123/jpah.9.s1.s5
Jakobsson, J., Malm, C., Furberg, M., Ekelund, U., & Svensson, M. (2020). Physical activity during the coronavirus (COVID-19) pandemic: Prevention of a decline in metabolic and immunological functions. Frontiers in Sports and Active Living, 2, 57.
Lestari, Y. N. A., & Amin, N. (2019). Hubungan Status Gizi, Tingkat Kecukupan Energi dan Zat Gizi dengan Kecepatan Pada Atlet Hockey Kota Surabaya. Sport and Nutrition Journal, 1(1), 19-26.
Maganda, D. (2016). Enhancing Learning in Africa through Students’ Collaboration with Parents, Teachers and Peers. World Journal of Education, 6(2), 1–11. https://doi.org/10.5430/wje.v6n2p1
Makalew, M. S., Amisi, M. D., & Kapantow, N. H. (2021). Gambaran Aktivitas Fisik Mahasiswa Semester VI Fakultas Kesehatan Masyarakat UNSRAT Saat Pembatasan Sosial Masa Pandemi COVID-19. Kesmas, 10(1).
Mukhlis, R., & Dahlan, D. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Konawe. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(1), 28-34.
Novela, V., & Kartika, L. (2019). Faktor-Faktor Status Gizi Kurang Pada Anak Usia Prasekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Guguk Panjang Kota Bukittinggi. Jurnal Endurance, 4(2), 359. https://doi.org/10.22216/jen.v4i2.4021
Nurjanah, S. L. (2015). Hubungan antara status sosial ekonomi dengan motivasi orang tua menyekolahkan anak di PAUD Smart Kid dan PAUD Sahabat Ananda Kecamatan Dau. Jurnal Ekonomi, 3(1), 31–63. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Prof. Dr. Hardinsyah, M., & I Dewa Nyoman Supariasa, M. (2016). Ilmu Gizi Teori & Aplikasi. Penerbut Buku Kedokteran EGC.
Riadi, M. (2019). Status sosial ekonomi (tingkatan, ukuran dan faktor yang mempengaruhi). Kajian Pustaka, 1–8. Diambil dari https://www.kajianpustaka.com/2019/12/status-sosial-ekonomi.html
Sepriadi, S., Hardiansyah, S., & Syampurma, H. (2017). Perbedaan Tingkat Kesegaran Jasmani Berdasarkan Status Gizi. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 24-34.
Sfendla, A., & Hadrya, F. (2020). Factors associated with psychological distress and physical activity during the COVID-19 pandemic. Health security, 18(6), 444-453.
Sumner, A., Hoy, C., & Ortiz-Juarez, E. (2020). Estimates of the impact of COVID-19 on global poverty. Unuwider, (April), 1–9. https://doi.org/10.35188/UNU-WIDER/2020/800-9
Supariasa, i dewa nyoman, Bakri, B., & Fajar, I. (2001). Penilaian Status Gizi.
Teves, K. L. Y., & Narciso, J. F. T. (2017). the Consequences of Students’ Eating Behaviors and Food Perception on Their Nutritional Status and Academic Achievement. PEOPLE: International Journal of Social Sciences, 3(1), 761–769. https://doi.org/10.20319/pijss.2017.s31.761769
UNICEF. (2020). COVID-19 dan Anak-anak di Indonesia, Agenda Tindakan untuk Mengatasi Tantangan Sosial Ekonomi. Jakarta: United Nations Children’s Fund
WHO.(2015). Physical activity factsheet. From: http//www.who.int/mediacentre /factsheets/fs385/en/.
Yuen, K., Strang, A. R., Flynn-Evans, E. E., Barrantes Perez, J. H., Berneking, M., Bhui, R., ... & Sullivan, S. S. (2021). Child and teen sleep and pandemic-era school.