PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 36 SURABAYA

Main Article Content

Anis Sulistianah

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru dituntut untuk berinovasi dalam memilih metode pembelajaran agar siswa tidak akan pasif dalam pembelajaran dan lebih semangat dalam belajar yang akan berdampak pada hasil belajar siswa. Di SMP Negeri 36 Surabaya, pada siswa kelas 8 dalam mata pelajaran IPA, hanya 65% siswa yang hasil belajarnya tuntas. Dan KKM pada mata pelajaran IPA adalah 72. Peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas guru dan siswa juga meningkatkan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran Mind Mapping. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I 68,75%, siklus II 75% dan siklus III 90,6%. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I 68,75%, siklus II 76,25% dan siklus III 87,5%. Untuk ketuntasan klasikal juga mengalami peningkatan yangpada temuan awalhanya 65%, siklus I 71%, siklus II 77% dan siklus III 84%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SMPNegeri 36 Surabaya.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Sulistianah, “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATA PELAJARAN IPA DI SMP NEGERI 36 SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 249-254, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Buzan, Tony. 2006. Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Indiarti, Titik. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: Lembaga Penerbit FBS Unesa.
Olivia, Femi. 2013. 5-7 Menit Asyik Mind Mapping Kreatif. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Swadarma, Doni. 2013. Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi
Pustaka. Windura, Sutanto. 2008. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT. Elex MediaKomputindo.