VARIASI BAHASA DALAM NOVEL RESIGN! DAN GANJIL GENAP KARYA ALMIRA BASTARI: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK

Main Article Content

Puspita Dwi Fitriyanti Suhartono . Mintowati .

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan variasi bahasa dan fakto penyebab timbulnya variasi bahasa dalam dialog novel Resign! dan Ganjil Genap karya Almira Bastari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah tuturan yang terdapat dalam novel Resign! dan Ganjil Genap karya Almira Bastari. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan studi pustaka dan menggunakan teknik deskriptif analitis sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam  novel Resign! dan Ganjil Genap dapat ditemukan variasi bahasa dialek dan sosiolek. Variasi bahasa sosiolek berupa kolokial, argot, dan vulgar.Faktor penyebab timbulnya variasi bahasa, di antaranya faktor pekerjaan, situasional, dan pendidikan. Variasi bahasa dapat dilihat pada setiap dialog tokoh dengan tokoh lain atau tokoh dengan lingkungannya.

Article Details

How to Cite
[1]
P. Fitriyanti, S. ., and M. ., “VARIASI BAHASA DALAM NOVEL RESIGN! DAN GANJIL GENAP KARYA ALMIRA BASTARI: KAJIAN SOSIOLINGUISTIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 273-276, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Bastari, Almira. 2019. Resign!. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Bastari, Almira. 2020. Ganjil Genap. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2004. Sosiolinguistik: Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.
Keraf, Gorys. 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Moleong, Lexy J. (2012).Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nababan, P.W.J. 1986. Sosiolinguistik : Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia.
Sutopo , H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar Teori dan Terapannya dalam Penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Soeparno. 2013. Dasar-dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana.