PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DI SMP NEGERI 39 SURABAYA

Main Article Content

Siti Muntiah

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar siswa kelas 7G SMP Negeri 39 Surabaya. Hal inilah yang melatar belakangi penelitian untuk melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran discovery. Model Pembelajaran discovery merupakan suatu model pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan pandangan konstruktivisme. Model ini menekankan pada pentingnya pemahaman terhadap suatu konsep dalam pembelajaran melalui keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa yang diamati oleh dua observer, untuk mengetahui hasil belajar siswa ,serta kendala-kendala yang dihadapi siswa pada saat pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery di kelas 7G SMP Negeri 39 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7G SMP Negeri 39 Surabaya dengan jumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa, serta wawancara untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi pada saat kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model discovery dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil pengamatan yang diperoleh pada tiap siklusnya. Pada siklus I, aktivitas guru mencapai 78,57%, aktivitas siswa 66,07%, dan hasil belajar siswa 63,89%. Pada siklus II, aktivitas guru mencapai 83,9%, aktivitas siswa 78,6%, dan hasil belajar siswa 77,77%. Dan pada siklus III, aktivitas guru mencapai 91,07%, aktivitas siswa 87,5%, dan hasil belajar siswa 94,44%.Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran discovery yang dilaksanakan dalam pembelajaran Prakarya pada materi teknik pengolahan pangan hasil sampling bahan buah menjadi produk pangan dapat meningkatkan aktifitas guru dan siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Muntiah, “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DI SMP NEGERI 39 SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 277-284, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Ahmadi Abu dan Tri Joko Prasetya. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Baharuddin dan Wahyuni Nur. 2007. Teori Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gunawan Rudy.2011. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Suci Paresti, Dwi Sri Handayani Nuswantari, Erny Yuliani dan Indra Samsudin, 2017. Prakarya Kelas 7. Kemendikbud Bandung: PT. Grafika Media Solusindo.