PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMA NEGERI 1 KUALUH HULU

Main Article Content

Rahmi Nazliah Sakinan Ubudiyah Siregar Siti Zahara Saragih Siti Suharni Simamora Rosmidah Hasibuan Indah Fitria Rahma

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan di SMA Negeri 1 Kualuh Hulu. Metode penelitian menggunakan quasi- eksperimen dengan sampel penelitian sebanyak 3 kelas yang ditentukan secara acak dengan menggunakan teknik cluster random sampling.  Pada kelas X-2 dibelajarkan dengan model pembelajaran guided inquiry, kelas X-5 dibelajarkan dengan model pembelajaran modified free inquiry, dan kelas X-3 dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian  ini tes kemampuan berpikir kritis dalam bentuk tes tertulis. Teknik analisis data menggunakan Analysis Covariat dengan bantuan program SPSS 22.0 for Windows, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh modelpembelajaran terhadap Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan modelguided inquiry (58,14±12,82) secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan modelmodified free inquiry (53,30 ± 13,78) dan yang dibelajarkan dengan Pembelajaran Konvensional (50,09 ± 12,94). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat model pembelajaran  yang signifikan guided inquiry antara peserta didik yang diajar dengan model modified free inquiry dan peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada taraf nyataα = 0,05.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Nazliah, S. Siregar, S. Saragih, S. Simamora, R. Hasibuan, and I. Rahma, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DI SMA NEGERI 1 KUALUH HULU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 291-295, Apr. 2021.
Section
Artikel

References

Anam, K. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Amining Rahmasiswa, Slamet Santosari, Dewi puspita Sari. 2015. Peningkatan Proses Sains Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Di Kelas XI MIA SMA Negeri 1 Karanganyar Pendidikan Biologi FKIP UNS Surakarta: Indonesia
Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Brickman, P., C. Gormally, N. Armstrong, B. Hallar. 2009. Effects of Inquiry-based Learning on Students’ Science Literacy Skills and Confidence. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. 3(2): 1-22.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta: Jakarta.
Djamarah, Saiful BahridanAzwanZein. 2010. StrategiBelajarMengajar. Rineka Cipta: Jakarta.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hakim, T. 2008, Belajar Secara Efektif, Puspa Swara, Jakarta
Hamalik, O. 2008.Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Bumi Aksara: Jakarta.
Haryono. 2006. Model Pembelajaran Berbasis Peningkatan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dasar. 7(1): 1-13.
Insar Damopolii , Aksamina M. Yohanita , N. Nurhidaya , M. Murtijani . 2018. Meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis inkuiri.Jurnal Bioedukatika Vol. 6 No. 1 Tahun 2018 | 22 – 30
Kuhlthau, C.C. 2010. Guided Inquiry: School Libraries in the 21st Century. School Libraries Worldwide. 16 (1): 17-28.
Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi: Teori, Praktik, dan Penelitian. Padang: UNP Press.
Nurmayani J.Said, A.J. Patandean, Muhammad Aqil Rusli, 2017. Peranan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 POLEWALI, Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid 13, Nomor 1. ISSN Cetak: 1858-330X dan ISSN Online: 2548-6373.
Kuhlthau, C.C. 2010. Guided Inquiry: School Libraries in the 21st Century. School Libraries Worldwide. 16 (1): 17-28.
Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi: Teori, Praktik, dan Penelitian. Padang: UNP Press.
Nurmayani J.Said, A.J. Patandean, Muhammad Aqil Rusli, 2017. Peranan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 POLEWALI, Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Jilid 13, Nomor 1. ISSN Cetak: 1858-330X dan ISSN Online: 2548-6373.
Muhidin, S. A. dan M. Abdurrahman. 2009. Analisis Korelasi Regresi dan Jalur Dalam Penelitian (Dilengkapi Aplikasi Program SPSS). Bandung: Pustaka Setia
Lufri. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi: Teori, Praktik, dan Penelitian. Padang: UNP Press.
Ozgelen, S. 2012. Students Science Process Skills within a Cognitive Domain Framework.Journal of Mathematics Science and Technology Education 8(4): 283-292.
Paidi. 2007. Peningkatan Scientific Skill Siswa Melalui Implementasi Metode Guided Inquiry Pada Pembelajaran Biologi di SMAN 1 Sleman. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahmatsyah dan Simamora, H. 2011. Pengaruh Keterampilan Proses Sainsmelalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil BelajarSiswa pada Materi Pokok Gerak di Kelas VII SMP. Jurnal Penelitian Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2): 15-16..
Riska Fitriyani, Sri Haryani dan Eko Budi Susatyo, 2017. Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali KelarutanJurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol. 11, No. 2, 2017, halaman 1957 – 1970
Rostika, Nurfine Dwi, 2012. Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Konsep Ekosistem Di Smp Negeri 2 Ciledug, Skripsi: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon
Rusche, S. N dan Kendra, J. 2011. “You Have to Absorb Yourself in It”: Using Inquiry and Reflection to Promote Student Learning and Self-knowledge. Teaching Sociology. 39(4): 338– 353
Rustaman, N. 2017. Keterampilan Proses Sains. Bogor: Ghalia Indonesia