PERANAN STRATEGI BAURAN PEMASARAN MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN TOKO HENDRA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan strategi pemasaran melalui Analisis SWOT dalam keragaman produk, harga, layanan, atmosfer toko, promosi dan tempat dalam meningkatkan volume penjualan sembilan bahan pokok kebutuhan konsumen oleh Toko Hendra Kota Padangsidimpuan.Populasi dan sampeldalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Toko Hendra tak terbatas.Penelitian inimenggunakan teknik analisis data kualitatif sebagai proses pelacakan dan pengaturan data, seperti transkripsi, wawancara, catatan lapangan dan bahan lain pada masa penelitian (pengumpulan data).Setelah pengumpulan datanya dengan menggunakan catatan, rekaman, dan standart inti wawancara yang dikembangkan Hasil penelitian.Hasil penelitian dari segi analisis produk sektor pangan berupa gula,beras, sabun,minyak goreng,sampo,susu,roti yang merupakan produk utama yang ditawarkan Toko Hendra memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk sandang yang lain,dari segi analisis harga produk Toko Hendra yang diberikan masih dianggap mahal oleh beberapa informan customer retail dibandingkan dengan harga yang diberikan oleh pesaing dan yang ada dipasaran, dari segi analisis Promosi yang dilakukan melalui spanduk ditempatkan dijalan utama dan pembagian kalender berisikan profil Toko Hendra dan melalui radio dikota Padangsidimpuan cara ini cukup efektif tapi hasil yang didapat belummaksimal. Dari segi analisis tempat atau distribusi tidak ditemukan adanya permasalahan, hal ini dikarenakan lokasi perusahaan cukup strategis sehingga memudahkan customer untuk mengetahui letak perusahaan tersebut, dan saluran distribusi juga diterapkan oleh Toko Hendra dengan mendistribusikan produknya ke berbagai daerah. Tempat penyimpanan produk penjualan pada Toko Hendra sudah rapi, dengan sistem in – out dan gudang setok barang disebelah toko penjualan sehingga memudahkan saat pengambilan produk dan tidak membutuhkan waktu yang lama apabila customer melakukan pengambilan produknya.
Article Details
References
Aprilyanda Nur Anisa. 2012. Strategi Pemasaran. (http :// www.Akademik Marketing. blogspot. com /2012/Strategi- Pemasaran-Aprilynda).
Assauri, Sofjan. 2008.Manajemen Produksi Dan Operasi, (edisi revisi), Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia : Depok-Jawa Barat.
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran.Jakarta : Rajawali Pers, PT. Raja Grafindo Persada.
Anwar Sanusi. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta :Salemba Empat
Daryanto. 2011.Manajemen Pemasaran.Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Danang Sunyoto. 2012.Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : CAPS
J. Paul Peter and Jerry C. Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi 9, Buku 1, Diterjemahkan oleh Diah Tantri Dwiandani, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
Kotler, P and K. L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga Belas, Jilid1, Diterjemahkan oleh Bob Sabran, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kotler, dan Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jilid 1 Edisi ke dua belas, Diterjemahkan oleh Bob Sabran, Penerbit Erlangga, Jakarta.
Kurniawan., Lukiastuti Fitri., Hamdani., dan Muliawan. 2008.Manajemen Strategik dalam Organisasi, Yogyakarta: MedPress.
Komaruddin. 2008. “Analisis Pengaruh Penambahan Proses Reduksi Batu Besi dengan Batu Bara Di Kalimantan Selatan”.Tesis Pascasarjana, Universitas Indonesia Jakarta.
Malhotra, 2009, Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan, Jilid I Edisi Keempat.Indonesia : PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Marian Burk Wood. 2009.Perencanaan Pemasaran, Edisi Ketiga, Diterjemahkan oleh Benyamin Molan, Penerbit Indeks, PT. Macanan Jaya Cemerlang,Jakarta.
Nugroho. J. Setiadi. 2012. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Tatik Suryani. 2008.Perilaku Konsumen, Edisi Pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.Informasi Akutansi. Vol 1.No. 2.
Yudi Machyudi. 2009. “Pengaruh Biaya Pengembangan Produk Terhadap Volume Penjualan”. Jurnal Ekonomi FE Unsil.Vol4. No 1.