HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KONSEP KEBIDANAN MAHASISWA TINGKAT I AKADEMI KEBIDANAN SENTRAL TAHUN 2019

Main Article Content

Rika Apripan

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan memberikan dampak positif dengan semakin terbuka dan tersebarnya informasi dan pengetahuan dari dan seluruh dunia menembus batas ruang dan waktu. Dampak negatifnya yaitu, terjadi perubahan nilai, norma, aturan dan moral kehidupan yang bertentangan dengan nilai, norma aturan dan moral kehidupan yang dianut masyarakat. Internet atau interconnected network adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan computer diseluruh dunia. Internet menghubungkan situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet menyediakan akses layanan telekomunikasi dan sumberdaya informasi untuk jutaan pemakainya yang tersebar diseluruh dunia. Internet memungkinkan kita untuk mendapatkan banyak referensi keilmuan dari perpustakaan maya (library online) yang ada di internet dan sebagai media pembelajaran secara online dengan menggunakan teleconference internet (e-learning). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara pemanfaatan internet sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar Konsep Kebidanan mahasiswa Tingkat I Akademi Kebidanan SentralTahun 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari total 20 responden yang merupakan seluruh mahasiswa tingkat I Akademi Kebidanan Sentral, sebagian besar dari seluruh responden adalah responden yang memanfaatkan fasilitas internet dengan kategori pemanfaatan sering,terlihat dari banyaknya responden yang menyatakan hal ini yaitu sebanyak 12 responden (60%). Berdasarkan hasil pengujian Chi Square terlihat bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kategori pemanfaatan internet dalam seminggu dengan prestasi belajar, hal initerlihatdarinilainilaichi-squarehitung yang lebih besar darichi-squaretabel. Dengan demikian, semakin sering responden memanfaatkan internet dalam seminggu, berhubungan dengan semakin besarnya kemungkinan responden tersebut mengalami peningkatan hasil belajar di tingkat I Akademi Kebidanan Sentral.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Apripan, “HUBUNGAN ANTARA PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR KONSEP KEBIDANAN MAHASISWA TINGKAT I AKADEMI KEBIDANAN SENTRAL TAHUN 2019”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 391-394, May 2021.
Section
Artikel

References

Tayibnatis, FY. Evaluasi Program. Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Husnaini, Usman. Manajemen, Tiori, Praktik dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2008
Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta. 2008
PUSTEKKOM. Jurnal Teknodik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan DEPDIKNAS
Fitrihana, N. Pemanfaatan Internet sebagai sumber belajar. file:///d:/unpad/pemanfaatan%20internet%20sebagai%20sumber%20belajar%20%c2%ab%20b4d3%20consultants.htm. (01 April 2018)
PUSTEKKOM. Pemanfaatan Internet dalam Pembelajaran. www.scribd.com/doc/3583851/pemanfaatan-internet-dalam-pembelajaran. (30 Januari 2019)
Angkowo, A. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Grasindo. 2007
Depkes. Kurikulum nasional pendidikan diploma III Kebidanan. Jakarta : Depkes. 2002.
MENKES. KEPMENKES No 369/MENKES/SK/III/2007 tentang Standar Profesi Bidan. Jakarta : PP IBI. 2007
Mulyasa, E. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2004.
Syukur, F. Teknologi Pendidikan. Semarang : RASAIL Media Group. 2008
Slamet, Margono. Teori pengukuran kemapuan Belajar mahasiswa. Makalah. IPB Bogor : 2004
________. Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Budaya.1993
Bona, F. MotivasiBerpikir Dan Belajar Kunci Sukses Di Akademisi. Jakarta : Restu Agung, Syah, M. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2005
Notoadmodjo, S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: EGC. 2004
Budiarto E. Metodologi penelitian kedokteran. Jakarta. EGC. 2004