PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Dini Hariyati Adam Irmayanti . Mila Nirmala Sari Hasibuan Elysa Rohayani Hasibuan Rahmi Nazliah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem. Penelitian ini merupakan penelitiankuasi eksperimen dimana desain penelitiannya melibatkan perlakuan yang berbeda antar 2 kelas. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Silangkitang. Terdiri dari 4 (empat) kelas yang berjumlah 140 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan secara total sampling. Jumlah kelas yang diambil adalah 2 kelas. 1 kelas sebagai kelas eksperimen yaitu kelas X  yang berjumlah 35 orang dan kelas kontrol yaitu kelas X yang berjumlah 35 orang. Sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang. Dimana Hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Silangkitang Pembelajaran 2019/2020, pada materi ekosistem dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawdapat dilihat perubahan nilai dari pretest ke posttest kelas eksperimen diperoleh rata-rata 82,71 dengan kategori baik dengan standar deviasi 107,667. Skor maksimum yang diperoleh gain eksperimen adalah 100 dan minimum adalah 65. Sedangkan untuk gain perubahan nilai dari pretest ke posttest pada kelas kontrol diperoleh rata-rata 72,57 dengan kategori cukup baik dengan standar deviasi 6,891. Skor maksimum yang diperoleh gain kontrol adalah 80 dan minimum adalah 60. Dari hasil yang diperoleh disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di kelas X SMA Negeri 1 silangkitang tahun pembelajaran 2019/2020.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Adam, I. ., M. N. Hasibuan, E. Hasibuan, and R. Nazliah, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 437-439, May 2021.
Section
Artikel

References

Abdurrahman. (2019). Hasil Belajar Adalah Kemampuan Anak Setelah Melakukan Kegiatan Belajar. Semarang: Dina Utama.
Arikunto. 2019. Tiga Macam Tingkah Laku, Kognitif, Afektif dan Psikomotor. Jakarta: Erlangga.
Arikunto. 2015. Reabilitas Test Dan Menghitung Tingkat Kesukaran Soal. Jakarta : Prenada Media Grup.
Arikunto. 2019. Tiga Macam Tingkah Laku, Kognitif, Afektif dan Psikomotor. Jakarta: Erlangga.
Anni. 2015. Hasil Belajar Merupakan Perubahan Perilaku Yang Diperoleh Pembelajar Setelah Mengalami Aktivitas Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Megawati, R., Leksono, I.P., Harwanto. (2021). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa SMP. Jurnal Education and Development. 9(1). Hal 19-25.
Sudjana. (2011). Pelaksanaan Proses Pembelajaran IPA, Khususnya Mata Pelajaran Biologi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Trisianawati, E., Tomo, D., Rendi, S., (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Vektor di Kelas X SMA Negeri 1 Sanggau Ledo. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya. 6(2). Hal 51-60.