KONTESTASI DI BALIK DAMAI: KONFLIK ANTAR KELOMPOK EKONOMI DOMINAN DI KAWASAN GOR SATRIA PURWOKERTO

Main Article Content

Rivaldo Noval Putra Santosa Agus Adriyanto

Abstract

Dinamika yang terjadi di Kawasan GOR Satria Purwokerto menciptakan permasalahan yang begitu kompleks khususnya terkait persaingan antar kelompok ekonomi dominan dan terbatasnya masyarakat lokal dalam mengakses ruang ekonomi publik. Akibat dari dominasi kegiatan perekonomian oleh kelompok ekonomi dominan tersebut malah berimbas pada terpinggirkannya kepentingan masyarakat lokal dalam memenuhi kebutuhan ekonomi hidupnya. Adapun metodedan pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan studi literatur. Kemudian, untuk menganalisis persoalan yang ada di dalam penelitian ini, kami menggunakan beberapa teori yakni teori pohon konflik, teori privatisasi ekonomi, teori kontestasi, dan teori negosiasi. Setelah dilakukan analisis, hasil penelitian ini menemukan bahwa dinamika  pasang surut antar kelompok  dominan ekonomi berangkat dari klaim ruang ekonomi publik, maka timbul gerakan tersendiri melalui jalur non-institusional  dalam upaya  melindungi kepentingan masing-masing pihak, dan ketika hal tersebut terjadi, maka  entitas yang berbeda dari setiap   aktor   saling berbenturan.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Putra Santosa and A. Adriyanto, “KONTESTASI DI BALIK DAMAI: KONFLIK ANTAR KELOMPOK EKONOMI DOMINAN DI KAWASAN GOR SATRIA PURWOKERTO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 153-156, Oct. 2021.
Section
Artikel

References

Bastian, Indra. 2002. Privatisasi di Indonesia: Teori dan Implementasi. Salemba Empat: Jakarta
Berlin, Jonathan W. 2008. The Fundamental of Negotiation. Vol. 58, No. 1, p13-15.
Bungin, B. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.
BPS Kab. Banyumas. Akumulasi PAD Kab. Banyumas dari Tahun 2018 s.d 2020. Purwokerto: Sekertaris BPS Banyumas.
Cahyadi, Adlan. 2011. Politik Perparkiran di Purwokerto: Dominasi Aktor Informal dalam Pengelolaan Parkir. Research Centre for Politics and Government (PolGov). Purwokerto: Unsoed.
Fazzi dan Cindi. 2003. Book Review: Negotiation Theory and Application: The Next Generation. Vol. 58, No. 3.
Garfinkel, Stacy W. 1998. Painting and the Language of the Private in Early Nineteent-Century France. Disertasi: University of California, Barkeley.
Lang, Jon. 1987. Creating Architectural Theory: The Role of Behavioral Sciences in Environmental Design. Van Nostramd Reinhold Company: New York.
Ma, Zhenzhing. 2008. Personality and Negotiaion Revisited: Toward a Cognitive Model of Dyadic Negotiation. Vol. 31, No. 10.
Margono. 2014. Fenomena Pengelolaan Privatness Melalui Organisasi Non-Publik. GAVA MEDIA: Yogyakarta.
Nazir. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Jakarta: Alfabeta.