ANALISIS KEPUTUSAN NASABAH DALAM PEMILIHAN PRODUK PEMBIAYAAN MIKRO DI BRI SYARIAH KCP PANDANSARI BALIKPAPAN ANALISIS KEPUTUSAN NASABAH DALAM PEMILIHAN PRODUK PEMBIAYAAN MIKRO DI BRI SYARIAH KCP PANDANSARI BALIKPAPAN

Main Article Content

Marlinda Linda Waty

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui keputusan nasabah dalam pemilihan produk pembiayaan mikro di BRI Syariah KCP Pandansari, Balikpapan baik secara simultan dan parsial. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Teknik sampling menggunakan teknik probability sampling dengan kategori simple random sampling yang melibatkan 156 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara simultan harga, produk dan promosi mempengaruhi keputusan nasabah secara signifikan dalam memilih produk pembiayaan mikro di BRI Syariah KCP Pandansari, Balikpapan. Secara parsial, harga dan promosi mempengaruhi keputusan nasabah secara signifikan dan promosi merupakan variabel yang dominan mempengaruhi keputusan nasabah sebesar 49,7% sedangkan produk tidak mempengaruhi keputusan nasabah dalam memilih produk pembiayaan mikro di BRI Syariah KCP Pandansari, Balikpapan. Besarnya kontribusi harga, produk dan promosi mempengaruhi keputusan nasabah dalam pemilihan produk pembiayaan mikro di BRI Syariah KCP Pandansari, Balikpapan sebesar 97,4% sedangkan sisanya sebesar 2,6% dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Waty, “ANALISIS KEPUTUSAN NASABAH DALAM PEMILIHAN PRODUK PEMBIAYAAN MIKRO DI BRI SYARIAH KCP PANDANSARI BALIKPAPAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 47-51, Jul. 2021.
Section
Artikel

References

Abdullah, T., & F. Tantri. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers.
Alma, B. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Ariani, W. (2009). Manajemen Operasi Jasa. Yogyakarta : Graha Ilmu..
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi keempat. Jakarta : Rajawali Pers.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Harianto, Rudy Pudjut. (2017). Panduan Praktis SPSS untuk Penelitian. Cetakan Pertama. Balikpapan : Heart and Soul Publishing House.
Hasan, A. (2013). Marketing Dan Kasus - Kasus Pilihan. Cetakan Pertama. Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service.
Kartajaya, H. (2009). The Official Mim Academy Coursebook Mark Plus Basics. Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. A. Hamdani. (2006). Manejemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Priyatno, D. (2012). SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta : Andi Offset.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen, Pendekatan Praktis Disertai Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi Offset.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Manajemen. Badnung : Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta : Bandung.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Edisi Ketujuh. Bandung : Alfabeta.
Sujianto, A. E. (2009). Aplikasi Statistik dengan SPSS 16.0. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher.
Sukotjo, H., & A. Sumanto, R. (2010). Analisa Marketing Mix-7P (Product, Price, Promotion, Place, Partisipant, Process and Physical Evidence) terhadap Keputusan Pembelian Produk Klinik Kecantikan Teta di Surabaya. Jurnal Mitra Ekonomi dan Manajemen Bisnis. Volume 1, Issues 2.
Sunyoto, D. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, Dan Kasus). Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Sunyoto. (2015). Perilaku Konsumen Dan Pemasaran. Yogyakarta : CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Sutarso & Suharno. (2010). Marketing In Practice. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta : Andi Publiser.
Umar, H. (2013). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta : Rajawali Pers.