PENERAPAN KURIKULUM KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH DI PONDOK MODERN AL-BAROKAH NGANJUK

Main Article Content

Chusnul Chotimah Bahrul Alam Syah Muhammad Sulton

Abstract

Kulliyatul Mu’allimin Al- Islamiyah adalah salah satu kurikulum yang special di Indonesia. Kurikulum ini pertama kali dipakai di Pondok Modern Darussalam Gontor dan banyak diadopsi oleh banyak pondok lainnya. Dan Pondok Modern Al- Barokah Nganjuk merupakan salah satu pondok yang telah memakai kurikulum ini. Kurikulum ini mengkombinasikan 100% pelajaran agama dan 100% pelajaran umum. Dan memakai waktu pembelajaran selama 24 jam. Dimana,dibagi menjadi tiga waktu yakni : formal, non formal dan in formal. Adapun penggunaan bahasa Arab dan Inggris sebagai pengantar mata pelajaran juga merupakan kelebihan dari kurikulum ini.

Article Details

How to Cite
[1]
C. Chotimah, B. Syah, and M. Sulton, “PENERAPAN KURIKULUM KULLIYATUL MU’ALLIMIN AL-ISLAMIYAH DI PONDOK MODERN AL-BAROKAH NGANJUK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 65-69, Jul. 2021.
Section
Artikel

References

Barokah, D. K. P. M. A.-. (2018). Sekilas Tentang KMI Pondok Modern Al- Barokah. In Al Barokah (pp. 7–8, 11–12). Pondok Modern Al-Barokah: Nganjuk.
Erhan, A. (2020). Manajemen Kurikulum Berbasis Akhlak, Nilai dan Moral di Pondok Modern Darussalam Gontor. Leadership, 1(2), 212–222. https://doi.org/10.32478/leadership.v1i2.447: Malang
Hakim, A., & Herlina, N. H. (2018). Manajemen Kurikulum Terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 6(1), 125–126. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.157 : Ciamis
Hardoyo,Hafid.(2008).‘Kurikulum Tersembunyi Pondok Modern Darussalam Gontor’, At-Ta’dib, 4.2, 191–208. : Ponorogo
Muhajir, M., & Budi, A. M. S. (2018). Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Gontor dan Disiplin Pondok Penumbuhkembang Karakter Santri. Qathruna: Jurnal Keilmuan Dan Pendidikan, 5(1), 1–24 : Banten
Muhakamurrohman, Ahmad (2014) ‘Pesantren: Santri, Kiai, Dan Tradisi’, IBDA` : Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 12.2, 109–18 .: Purwokerto
Muhammad, I. (2013). Diferensi Makna Kurikulum di Indonesia. Jurnal Mudarrisuna, 3(2), 283–284.
Priyatna, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Program Program Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI). Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam, 06(11), 29 : Bogor
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (4th ed.). Alfabeta : Bandung.
Sulaiman, R. (2016). Pendidikan Pondok Pesantren: Institusionalisasi Kelembagaan Pendidikan Pesantren. ’Anil Islam, 9(1), 148–174 : Sumenep
Syarifah. (2016). Manajemen Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyyah di Pondok Modern Darussalam Gontor. At Ta’dib, 11(1), 66, 69–70. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v11i1.624: Ponorogo