PERANCANGAN APLIKASI PARIWISATA BERBASIS ANDROID DI KOTA PADANG SIDEMPUAN

Main Article Content

Rahmad Fauzi Ahmad Zainy Hanifah Nur Nasution Febriani Hastini Nasution Fazarul Achmad Simanjuntak

Abstract

Perancangan adalah sebuah proses atau tahapan untuk membuat atau merencanakan sesuatu dengan menggunakan teknik untuk merumuskan tujuan yang akan dicapai.Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan perjalanan wisata, termasuk perusahaan, daya tarik dan atraksi wisata serta usaha-usaha yang berhubungan dengan penyelenggaraan pariwisata. Untuk mempermudah proses kegiatan wisata diperlukan sebuah alat bantu agar kegiatan wisata mudah untuk dilakukan, salah satunya adalah dengan adanya aplikasi pariwisata berbasis android yang dapat dijadikan sebagai alat bantu kegiatan wisata baik bagi para wisatawan maupun pengguna. Android merupakan mobile Operating System (OS) yang dikembangkan oleh google. OS android berbasis pada OS Linux Kernel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perancangan aplikasi pariwisata berbasis android, mengetahui kelayakan aplikasi pariwisata berbasis android, dan mengetahui pendapat pengguna aplikasi pariwisata dengan adanya aplikasi pariwisata berbasis android. Subjek penelitian yaitu staf yang ada di Dinas Pariwisata Kota Padang Sidempuan yang berjumlah 5 orang pada bidang pariwisata. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa data dari ahli, dan angket respon pengguna (user) yaitu staf bidang pariwisata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari ahli sistem mendapatkan hasil produk sangat layak. Selanjutnya hasil persentase kelayakan dari respon pengguna mendapatkan kategori sangat layak

Article Details

How to Cite
[1]
R. Fauzi, A. Zainy, H. Nasution, F. Nasution, and F. Simanjuntak, “PERANCANGAN APLIKASI PARIWISATA BERBASIS ANDROID DI KOTA PADANG SIDEMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 11, no. 1, pp. 437-442, Dec. 2022.
Section
Artikel

References

Azis, N., Pribadi, G., Nurcahya, S,M. (2020). Analisa dan Perancangan Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Dasar Berbasis Android. 1, 2, 3 1.28(1), 1–5.
Hidayatulloh, K., MZ, M. K., & Sutanti, A. (2020). Perancangan Aplikasi Pengolahan Data Dana Sehat Pada Rumah Sakit Umum Muhammadiyah Metro. Jurnal Mahasiswa Ilmu Komputer, 1(1), 18–22.
Noor, J. (2016). Metodologi Penelitian (Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah). Penerbit : Prenada Media Group. Jakarta.
Ramadhani, A. R., Syabana, R. S., Zaidiah, A., Pembangunan, U., Veteran, N., Labu, P., & Selatan, J. (2020). Desain Aplikasi Pariwisata Untuk Menarik Pengunjung Monas Berbasis Android. 24, 425–431.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kombinasi R&D, dan Penelitian Pendidikan). Penerbit : Alfabeta. Bandung.
Wirawan, E,P. (2021). Modul Pengantar Pariwisata. Penerbit : IPB Internasional Press. Denpasar.