PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM TITRASI ASAM BASA BERBASIS INQUIRI TERBIMBING

Main Article Content

Abdurrohman Wahab Masriani . Rody Putra Sartika

Abstract

Kimia merupakan ilmu pengetahuan yang berkembang melalui proses dalam laboratorium untuk menghasilkan produk sains. Kegiatan praktikum akan berjalan dengan baik dan lancar apabila dilengkapi dengan faktor pendukung praktikum seperti alat dan bahan yang diperlukan serta adanya penuntun praktikum. Penelitian ini telah dilakukan dengan tujuan mengembangkan penuntun praktikum titrasi asam basa berbasis inquiri terbimbing untuk mengetahui tingkat kelayakan/validitasnya. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dimodifikasi menjadi 3D (Define, Design, Develop). Penuntun praktikum yang telah dikembangkan divalidasi oleh 4 ahli materi dan maing-masing 3 ahli bahasa, dan ahli media. Tingkat kelayakan ditentukan berdasarkan hasil validasi dari para ahli yang diperoleh rata-rata persentase kelayakan sebesar isi 93,33%, penyajian 92,5%, bahasa 92,38%, dan grafika 99,05%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penuntun praktikum titrasi asam basa berbasis inquiri terbimbing sangat layak digunakan untuk mendukung pembelajaran praktikum di laboratorium.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Wahab, M. ., and R. Putra Sartika, “PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM TITRASI ASAM BASA BERBASIS INQUIRI TERBIMBING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 75-80, Jul. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Arifin, Z. 2011. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
BNSP. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP
Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.
Darmayanti, N. W. S., & Haifaturrahmah, H. (2019). Analisis Kelayakan Buku Panduan Praktikum Ipa Terpadu Smp Berpendekatan Saintifik Dengan Berorientasi Lingkungan Sekitar. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 5(1), 45. https://doi.org/10.31764/orbita.v5i1.1021
Fitria. (2013). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hidayah, R., Rahmawati, A., & Fatimah, N. (2020). Lembar Kerja Siswa Berbasis Inkuiri Pada Kurikulum 2013 Materi Asam Basa. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 170–182. https://doi.org/10.19109/ojpk.v4i2.6175
Imaniarta, I., Sulistina, O., & Yahmin. (2013). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Kimia SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi Dan Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol.2, No.(2), 46–52. https://adoc.pub/pengembangan-buku-petunjuk-praktikum-kimia-sma-berbasis-inku233488d7cd9a7eb3aea6feaebd80519744403.html
Kemendikbud. (2016). Permendikbud 24 tahun 2016. Jakarta, 2025, 5.
Lasmana, O. 2011. Pengembangan Lembaran Kerja Siswa (LKS) Disertai Compact Disc (CD) Pembelajaran Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Animalia Mata Pelajaran Biologi RSBI SMA. Tesis. Tidak diterbitkan. Padang: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Padang.
Nofiana, I., Yulianti, D., & Riswandi. (2015). Pengembangan Panduan Pratikum Kimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Kelas X SMA Di Kota Bumi Lampung Utara. 1.
Prasetya, D., Rasmawan, R., Hadi, L., Card, C. Q., & Koloid, S. (2021). PENGEMBANGAN CHEMISTRY QUARTET CARD ( CHEMQURCA ) PADA MATERI SISTEM KOLOID DI SMA NEGERI 8 PONTIANAK. 9(2), 36–41.
Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rohmah, F. (2020). PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING MATERI ZAT ADITIF DAN ZAT ADIKTIF KELAS VIII SMP ISLAM NU PALANGKA RAYA. 2507(February), 1–9.
Rosidi, I. (2017). Uji Kelayakan Perangkat Pembelajaran Pengelolaan Limbah dengan Pendekatan TASC (Thinking Actively In a Social Context). SEJ (Science Education Journal), 1(1), 7. https://doi.org/10.21070/sej.v1i1.831
Rosyidah, N., Hidayat, J. N., & Azizah, L. F. (2019). Uji Kelayakan Media Uriscrap (Uri Scrapbook) Menggunakan Model Pengembangan 4D. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.24929/lensa.v1i1.43
Rustaman, N.Y. 2007. Program Pembelajaran Praktikum Berbasis Kemampuan Generik (P3BKG) dan Profil Pencapaiannya (Online), (http://file.upi.edu/Direktori/SPS/PROD I.PENDIDIKAN_IPA/19620115198703 1-pdf,. Diakses 8 Oktober 2013).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung: Alfa Beta.
Susanti, J. P. P. K. B. L. P. M. A. B. K. X. I., Enawaty, E., Amalya, H., Program, M., Pendidikan, S., Fkip, K., & Pontianak, U. (2012). Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Berbasis Lingkungan Pada Materi Asam Basa Kelas Xi Ipa.
Suyanti, R.D. 2010.Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha ilmu
Thiagarajan, S. A. O. (1974). Thiagarajan, Sivasailam; And Others Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in (Issue Mc).
Syamsu, F. D. (2017). INKUIRI TERBIMBING UNTUK SISWA SMP SISWA KELAS VII. 4(2), 13–27.
Yakar, Z., & Baykara, H. (2014). Inquiry-based laboratory practices in a science teacher training program. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 10(2), 173–183. https://doi.org/10.12973/eurasia.2014.1058a
Yonata, B., & Nasrudin, H. (2018). Laboratory Activity Worksheet to Train High Order Thinking Skill of Student on Surface Chemistry Lecture. Journal of Physics: Conference Series, 947(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012027