IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VI MI MIFTAHUL HUDA CENDONO DI MASA PANDEMI

Main Article Content

Agung Suci Dian Sari Dina Fitriyah Dewi Aisyah Sri Nawang Wulandari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 berimplikasi terhadap perkembangan kognitif anak pada peserta didik kelas VI MI Miftahul Huda Cendono. Jenis penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui interview dan dokumentasi pada guru kelas VI MI Miftahul Huda Cendono dan 3 peserta didik kelas VI MI Miftahul Huda Cendono. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa dampak pembelajaran daring terhadap perkembangan kognitif anak secara langsung mengalami hambatan dikarenakan dalam pembelajaran daring guru hanya bisa menyampaikan materi dan tugas secara online.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Sari, D. Fitriyah, D. Aisyah, and S. Wulandari, “IDENTIFIKASI PERKEMBANGAN KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VI MI MIFTAHUL HUDA CENDONO DI MASA PANDEMI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 92-97, Jul. 2021.
Section
Artikel

References

Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Drago, W. and Wagner, R. (2004), "Vark preferred learning styles and online education", Management Research News, Vol. 27 No. 7, pp. 1- 13.https://doi.org/10.1108/01409170410784211
Intan Diyah Retno Palupi. 2017, Pengaruh Media Sosial Pada Perkembangan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2),127-134.
Hurlock, Elizabeth. B. (1978). Child Development, Sixth Edition. New York : Mc.
Papalia E. Dianie. 2008. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Prenadanedia Group.
Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Winartha, Made. 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Gaha ilmu.
Wulandari, Hesti dan Edi Purwanta. 2020, Pencapaian Perkembangan AnakUsia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini,
Vol. 5, Iss.1,pg. 453.
Yesi Novitasari. 2017, Analisis PermasalahanPerkembangan Kognitif Anak Usia Dini, eJournal Pendidikan Anak Usoa Dini, Lancang Kuning E-ISSN:2598- 2524.