E-MODUL INTERAKTIF MATA PELAJARAN SUSUNAN HURUF KOMPUTER DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Main Article Content
Abstract
Proses pembelajaran tidak lepas dengan alat bantu seperti media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat motivasi siswa dan menumbuhkan semangat belajar mereka salah satunya adalah e-modul interaktif. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul interaktif dan mengetahui tingkat kelayakannya, serta respon dari pengguna media ini. Jenis penelitian ini adalah Research&Developmentdengan menggunakan model Alessi & Trolly dengan tiga tahapan: analisis, desain, dan pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kopang dengan jumlah subjek 20 orang. Instumen yang digunakan adalah angket dengan skala likert dan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Pengujian produk digunakan alpha testing dan beta testing (respon pengguna). Hasil temuan kami menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak yang dinilai oleh ahli materi (82%) dan oleh ahli media (ahli desain) sebesar 80%. Selanjutnya, hasil respon penggunakan terhadap e-modul ini memperoses hasil persetase sebesar 78% dan termasuk dalam kategori baik.
Article Details
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Rajawali Press.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational research: An introduction (7th ed.). Longman Inc.
Copriady, J., Iswandari, S. N., Noer, A. M., & Albeta, S. W. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Moodle pada Materi Hidrokarbon. EDUSAINS, 12(1), 81–88.
Dermawan, D., & Fahmi, R. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri Kelas XI SMK. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 3(3), 508–515.
Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning Untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 7(1), 33–47.
Fadli, A., Suharno, S., & Musadad, A. A. (2017). Deskripsi Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game Education untuk Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Fradika, H. D., & Surjono, H. D. (2018). ME science as mobile learning based on virtual reality. Journal of Physics: Conference Series, 1006(1), 12027.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191.
Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh penggunaan e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kesehatan dan keselamatan kerja. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16.
Irawan, U., & Wirasasmita, R. H. (2019). Media Pembelajaran Video Tutorial Interaktif Berbasis Adobe Flash Pada Mata Kuliah Pemrograman Dasar. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 84–90.
KEMENDIKBUD. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Laili, I. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315.
Mayenti, R. P., & Yuhendri, M. (2021). Pengembangan E-Modul Dasar Listrik dan Elektronika di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 14–17.
Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan e-modul berbasis model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran videografi untuk siswa kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, 6(1), 70–78.
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60.
Setyono, T., Afri, L. E., & Deswita, H. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Macromedia Flash Pada Materi Bangun Ruang Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Matematika, 2(1).
Siddik, B., & Kholisho, Y. N. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Multimedia Interaktif. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 13–19.
Sudjana, N. (2005). Metode Statistika. Tristo.
Suprianto, A., Ahmadi, F., & Suminar, T. (2019). The development of mathematics mobile learning media to improve students’ autonomous and learning outcomes. Journal of Primary Education, 8(1), 84–91.
Surjono. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. UNY Press.
Susila, H. R. (2019). The Development of An Interactive Multimedia Model for Studentsâ€TM Ability in Teaching. Science Proceedings Series, 1(2), 137–139.
Yuliawati, L., Aribowo, D., & Abi Hamid, M. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO), 5(1), 35–42.