ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS PADA PEMBELAJARAN DARING DITINJAU DARI KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK
Main Article Content
Abstract
Masuknya kasus Covid-19 di Indonesia membuat segala kegiatan yang dilakukan diluar rumah diberhentikan untuk mengurangi penyebaran virus tersebut, salah satunya pendidikan dilakukan secara daring yang melalui internet. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis dari kepercayaan diri peserta didik pada pembelajaran daring. Penelitian ini dilakukan di SMPN 104 Jakarta dengan subjek 3 peserta didik kelas VIIA. Penelitian ini menggunakan metodedeskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik pada pembelajaran daring, angket untuk mengukur kepercayaan diri peserta didik pada pembelajaran daring, dan wawancara untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif matematis dan kepercayaan diri peserta didik pada pembelajaran daring.Penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik dengan kepercayaan diri tinggi dan rendah memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis sedang, danpeserta didik yang kepercayaan diri sedang memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis tinggi. Sehinggakepercayaan diri peserta didik tidak mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis pada pembelajaran daring.
Article Details
References
Al Adawiah, R. S., Rumbiyah, R. S., & Zhanty, S. L. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Journal On Education, 01(03), 460–470.
Effendi, K. N., & Farlina, E. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP kelas VII dalam Penyelesaian Masalah Statistika. Jurnal Analisa, 3(2), 130–137. https://doi.org/10.15575/ja.v3i2.2013
Eviliasani, K., Hendriana, H., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Siswa Smp Kelas Viii Di Kota Cimahi Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 333. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p333-346
Fitrah, M. (2016). Model Pembelajaran Matematika Sekolah: Kajian Perspektif Berdasarkan Teori dan Hasil Riset (1st ed.). Deepublish.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.
KEMENKES. (2020). COVID-19 dalam Angka 5 Desember.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama.
Mandini, G. W., & Hartono, H. (2018). Analisis kemampuan menyelesaikan soal HOTS model TIMSS dan kepercayaan diri siswa sekolah menengah pertama. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 148–157. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21234
Prihatiningsih, M., & Ratu, N. (2020). Analisis Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 353–364. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.218
Rachmat, A., & Krisnadi, I. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring (Online) Untuk Siswa SMK Negeri 8 Kota Tangerang Pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1–7.
Rifai, M. E. (2018). Pentingnya Kepercayaan Diri dan Dukungan Keluarga dalam Kecemasan Matematika. CV Sindunata.
Sukiman. (2017). Membantu Anak Percaya Diri. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. https://gln.kemdikbud.go.id/glnsite/wp-content/uploads/2020/03/11.-Membantu-Anak-Percaya-Diri.pdf
Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Kelas Xi Pada Materi Trigonometri Di Tinjau Dari Self Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 383. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p383-394
Zendrato, W. (2020). GERAKAN MENCEGAH DARIPADA MENGOBATI TERHADAP PANDEMI COVID-19. Jurnal Education and Development, 8(2), 242–248.