PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTU ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Hery Agustina Maria Veronika Roesminingsih M. Jacky

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbantu articulate storylineuntuk pembelajaran IPS di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Keret Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo pada semester 2 tahun pelajaran 2020-221. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB sebagai kelas uji coba terbatas dan kelas VA sebagai kelas uji coba skala besar. Proses pengembangan media dilakukan dengan menggunakan 4D model Thiagarajan. Instrumen untuk mengambil data dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar observasi siswa dan guru, angket respon siswa dan guru, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian membuktikan bahwa multimedia interaktif berbantu articulate storyline pada pembelajaran IPS di kelas V sekolah dasar dengan materi Upaya Mempertahankan Kedaulatan Indonesia memiliki kriteria: (1) kelayakan, hasil penilaian validator meliputi validasi materi dan media berturut-turut 87,5% dan 86,25%. (2) kepraktisan, hal ini berdasarkan skor aktivitas guru yang mencapai skor akhir 88,89% dan skor akhir aktivitas siswa sebesar 87,5% termasuk dalam kriteria sangat baik. (3) keefektifan, hasil ketuntasan klasikal siswa pada kelas uji skala besar mencapai 94,45% dengan peningkatan rata-rata N-Gain Score sebesar 0,73 (kriteria tinggi). Hasil analisis angket resspon siswa, diperoleh tanggapan positif terhadap media  yang dikembangkan. Dengan demikian pengembangan multimedia interaktif berbantu articulate storyline dapat digunakan sebagai alternatif dalam upaya meningkatkan belajar kognitif siswa pada muatan pelajaran IPS materi Upaya Mempertahankan Kedaulatan Indonesia di kelas V.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Agustina, M. Roesminingsih, and M. Jacky, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBANTU ARTICULATE STORYLINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA PELAJARAN IPS DI KELAS V SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 567-571, May 2021.
Section
Artikel

References

Heinich, Robert, Michael Molenda, James D. Russel. (1982). Instructional Media: and the New Technology of Instruction, New York: Jonh Wily and Sons.
Hergenhahn, B. R. dan Matthew H. Olson. 2017. Theories Of Learning Edisi Ketujuh. Jakarta: Kencana
Hsiao, CC., Tiao, MM., & Chen, CC. (2016). Using Interactive Multimedia e-Books for Learning Blood Cell Morphology in Pediatric Hematology. BMC Medical Education, Volume 16 (1). Online Publication DOI: https://doi.org/10.1186/s12909-016-0816-9
Leow, Fui-Theng. (2014). Interactive Multimedia Learning: Innovating Classroom Education in A Malaysian University. The Turkish Online Journal of Educational Technology, Volume 13 (2). Diunduh dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1022913.pdf
Mumtahana, A., Roesminingsih, MV., dan Suyanto, T. (2020). Development of Learning Content in Computer Based Media with Articulate Storyline to Improve Civics Learning Outcomes in Third Grade Elementary School students. International Journal of Innovative Science Research Technology, Volume 5 (2). Diunduh dari: https://www.ijisrt.com/volume-5-2020_issue-2-february
Nieveen, Nienken. 2013. Educatinal Design Research Part A: An Introduction. Netherlans: Institute for Curriculum Development (SLO)
Nur’aini, F., Chamisijatin, L., & Nurwidodo. (2015). Pengembangan Media Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa MAN 2 Batu Materi Kingdom Animalia. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia. Diunduh dari: http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jpbi/article/view/2301/2446
Rahmatan, H., Liliasari, dan Redjeki, S. (2013). Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Topik Katabolisme Karbohidrat untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume 2 (1). Online Publication DOI: https://doi.org/10.15294/jpii.v2i1.2502
Schunk, Dale H. 2012. Learning Theories An Educational Perspective, Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar