PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJARPADA MATERI PEMBAGIAN WAKTUDI INDONESIA KELAS VI SDN PUCANG 4 SIDOARJO

Main Article Content

Cicik Asrining Handayani Mustaji . M. Turhan Yani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan hasil belajar dengan pengembangan media interaktif berbasis Adobe Flash pada materi pembagian waktu di Indonesia kelas VI SDN Pucang 4 Sidoarjo.Penelitian ini dilaksanakan menggunakan lima tahapan dari model pengembangan ADDIE yang terdiri dari analisis(analyze), desain (design), pengembangan(develop), implementasi (implement), dan evaluasi(evaluate). Tahap analisis diperoleh data dan informasi untuk pengembangan media yang akan dibuat. Selanjutnya mendesain media yang dikembangkan secara rapi. Pada tahap pengembangan, media yang telah didesain mendapat validasi dari dosen sebagi ahli media dan materi sebesar 100% dan 98% dengan kategori sangat valid/sangat layak. Implementasi media yang dikembangkan pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen menggunakan pretest dan posttest design. Hasil penelitian di kelas eksperimen mendapatkan data sebagai berikut: (1) kelayakan media selain mendapat penilaian dari para ahli (dosen) juga mendapat penilaian dari ahli media dan materi di lapangan sebesar 98% dan 95% dengan kategori sangat valid/sangat layak, (2) media dinyatakan praktis untuk pembelajaran karena mendapat persentase hasil ketercapaian pembelajaran 100%, keterlaksanaan pembelajaran mendapat skor 98,82 dan respon peserta didik mendapat rata-rata persentase sebesar 99,31%  dengan kategori sangat baik semua, (3) media ini dinyatakan efektif untuk meningkatkan literasi digital yang memperoleh persentase dari respon peserta didik sebesar 97,57% kategori sangat baik, (4) media juga dinyatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik karena nilai posttest lebih bagus dari pada nilai pretest serta dibuktikan dengan uji t yang menunjukkan t hitung lebih besar dari pada t tabel. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa media interaktif berbasis Adobe Flash materi pembagian waktu di Indonesia sangat layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan literasi digital serta hasil belajar peserta didik.

Article Details

How to Cite
[1]
C. Handayani, M. ., and M. Yani, “PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DAN HASIL BELAJARPADA MATERI PEMBAGIAN WAKTUDI INDONESIA KELAS VI SDN PUCANG 4 SIDOARJO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 2, pp. 580-585, May 2021.
Section
Artikel

References

Ahmadi, Farid., & Ibda, Hamidulloh. 2018. Media Literasi Sekolah. Semarang: CV. Pilar Nusantara.
Angela Nai, Firmina. 2017. Teori Belajar dan Pembelajaran Implementasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP, SMA, dan SMK. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2019. Media Pembelajaran. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Astuti Lia., Wihardi, Yaya., & Rochintaniawati, Diana. (2020). The Development of Web-Based Learning using Interactive Media for Science Learning on Levers in Human Body Topic. Journal of Science Learning, 2, 89-98. doi: 10.17509/jsl.v3i2.19366.
Binato, Iwan. 2010. Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: CV. Andi Offset.
Holley, Debbie., & Haynes, Richard. (2003). The “INCOTERMS” challenge: using multi-media to engage learners. The Emerald Research, 45(7), 392-401. doi: 10.1108/00400910310499965.
Komalasari, K., & Rahmat. (2019). Multimedia Interaktif Berbasis Living Values di Civic Pendidikan Belajar. International Journal of Instruction, 12(1), 113-126.https://doi.org/10.2333/iji.2019.1218a
Komalasari, Kokom., & Saripudin, Didin. (2017). Value-Based Interactive Multimedia Development through Integrated Practice for the Formation of Students’ Character. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 16(4). Diperoleh dari https://eric.ed.gov/?q=Value-Based+Interactive+Multimedia+Development+through+Integrated+Practice+for+the+Formation+of+Students%e2%80%99+Character&id=EJ1160605.
Louise, Isana. S. Y. (2019). Macromedia Flash Based On Guided Inquiry In Critical Thinking Skills As Learning Innovations. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 10(3). Diperoleh dari https://eric.ed.gov/?q=MACROMEDIA+FLASH+BASED+ON+GUIDED+INQUIRY+IN+CRITICAL+THINKING+SKILLS+AS+LEARNING+INNOVATIONS&id=ED598375.
Malawi, Ibadullah., Tryanasari, Dewi., & Kartikasari, Apri. 2017. Pembelajaran Literasi Berbasis Sastra Lokal. Magetan: CV. AE Media Grafika.
Megasafitri, Retno. 2018. Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Flash dalam Pembelajaran Menulis Eksposisi Pada Siswa Kelas V. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Muhammad, Thoriqurrofi’ Faiz. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Desimal Flying Shoot Decimal Berbasis Software Adobe Flash Profesional CS6 untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas V SD. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Nasution. 2015. Kajian Pembelajaran IPS di Sekolah. Surabaya: UNESA University Press.
Riduwan. 2015. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta.
Rocyane, Irania Suci. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Adobe Flash dalam Pembelajaran Menulis Cerita Pada Siswa Kelas IV SDN Pucang 4 Sidoarjo. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.
Rosyid, Moh. Zaiful., Mustajab., & Abdullah, Aminol Rosid. 2019. Prestasi Belajar. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Salim, Kalbin., & Tiawa, Dayang Hjh. (2015). The Student’s Perceptions of Learning Mathematics using Flash Animation Secondary School in Indonesia. Journal of Education and Practice, 6(4). Diperoleh dari https://eric.ed.gov/?q=The+Student%e2%80%99s+Perceptions+of+Learning+Mathematics+using+Flash+Animation+Secondary+School+in+Indonesia&id=EJ1086101.
Sholihah, An-nisa Nur., Septiani, Indah., Rejekiningsih, Triana., Triyanto., & Rusnaini. (2019). Development of Interactive Multimedia Learning Courseware to Strengthen Students’ Character. European Journal of Educational Research, 9(3), 1267-1279. doi: 10.12973/eu-jer.9.3.1267.
Sugiono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Sudjana, Nana., & Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sunyoto, Andi. 2010. Adobe Flash + XLM = Rich Multimedia Application. Yogyakarta: Cv Andi Offset.
Susilana, Rudi dan Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung : CV Wacana Prima.
Susilaningsih, Endang., & Limbong, Linda S. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas 5. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Sutiah. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.
Tim GLN Kemendikbud. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kemendikbud.
Yani, Muhammad., & Rosma, Fatemah. (2020). Improving Students' Spatial Ability by Using Macromedia Flash on Geometry Materials. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning, 3(1), 18-22. doi: https://doi.org/10.29103/mjml.v3i1.2401.