ANALISIS MUATAN KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS DAN TOPIK ESD DALAM MODUL PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Nisa Rahmi Mardiah Ghullam Hamdu Lutfi Nur

Abstract

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 719 /P/2020 tentang pedoman pelaksanaan kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus memberikan solusi bagi pembelajaran agar dapat dilaksanakan di masa pandemi. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara jarak jauh serta disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing dengan melakukan penyederhanaan kurikulum sesuai kebutuhan. Dalam pembelajaran jarak jauh, peserta didik dituntut untuk dapat belajar di rumah.  Modul menjadi salah satu perangkat pembelajaran yang dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis muatan ESD (Education for Sustainable Development) khususnya pada kompetensi berpikir kritis peserta didik di dalam modul BDR (Belajar dari Rumah) di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul sudah memuat topik ESD di dalamnya namun dalam aspek keterampilan berpikir kritis ditemukan data bahwa tidak maksimalnya penerapan kompetensi berpikir kritis pada modul, ditemukan juga beberapa permasalahan dalam pengimplementasian muatan ESD pada kompetensi berpikir kritis khususnya pada pembelajaran jarak jauh atau dalam jaringan.


 

Article Details

How to Cite
[1]
N. Mardiah, G. Hamdu, and L. Nur, “ANALISIS MUATAN KOMPETENSI BERPIKIR KRITIS DAN TOPIK ESD DALAM MODUL PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 351-357, Jul. 2021.
Section
Artikel

References

Abdurrahman. (2020). Analisis Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di Sekolah Dasar. Jurnal Realita, 5(1), 937–949.
Angelo TA (1995) Beginning the dialogue: thoughts on promoting critical thinking. Teach Psychol 22(1):6–7
Cresswell, J. W. (2019). Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Estuwardani, N. A., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-Integratif dalam Peningkatan Karakter Peserta didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 157–172.
Facione, Peter & Giancarlo, Carol & Facione, Noreen. (1995). The Disposition Toward Critical Thinking 1. Journal of General Education. 44.
Hoffmann, T., & Siege, H. (2018). What is Education for Sustainable Development (ESD)? Human Development, 1(8), 1–6. Diambil dari http://www.esd-expert.net/files/ESD-Expert/pdf/Was_wir_tun/Lehr- und Lernmaterialien/What_is_Education_for_Sustainable_Development.pdf%0Ahttp://www.esd-expert.net/teaching-and-learning-materials.html
Kemdikbud. (2020). Kepmendikbud Nomor 719/P/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum pada Satuan Pendidikan dalam Kondisi Khusus. Www.Kemdikbud.Go.Id, (022651), 9. Diambil dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus
Kincahyono. (2018). Pengembangan E-Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di SD. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2(2), 219–231.
Kuncahyono, D. F. N. (2020). PENGEMBANGAN PEDOMAN E-MODUL BERORIENTASI STUDENT ACTIVE LEARNING SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Nusantara, 5, 292–304. https://doi.org/man E-Modul Berorientasi DOI: https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i2.13999
Mahlianurrahman, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbsasis Kurikulum 2013. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 1. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.625
McKenney, S., & Reeves, T. C. (2018). Conducting Educational Design Research. In Conducting Educational Design Research. https://doi.org/10.4324/9781315105642
Miles, M., Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.
Mochizuki, Y., & Bryan, A. (2015). Climate Change Education in the Context of Education for Sustainable Development: Rationale and Principles. Journal of Education for Sustainable Development, 9(1), 4–26. https://doi.org/10.1177/0973408215569109
Pratama, Y. A., Sopandi, W., & Hidayah, Y. (2019). RADEC Learning Model ( Read-Answer-Discuss-Explain And Create ): The Importance of Building Critical Thinking Skills In Indonesian Context. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(2), 109–115. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1379
Rachmadanti, A., & Gunansyah, G. (2020). Analisis Buku Teks Tematik Berorientasi Muatan Sustainable Development Di Sekolah Dasar. JPGSD, 8(2017), 326–340.
Rahman, A., Heryanti, L. M., & Ekanara, B. (2019). Pengembangan Modul Berbasis Education for Sustainable Development pada Konsep Ekologi untuk Siswa Kelas X SMA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(1), 1. https://doi.org/10.24036/jep/vol3-iss1/273
Scheie, E., Gabrielsen, A., Jordet, A., Misund, S., Øyehaug, A. B., Scheie, E., … Jordet, A. (2020). Interdisciplinary primary school curriculum units for sustainable development. Environmental Education Research, 0(0), 1–17. https://doi.org/10.1080/13504622.2020.1750568
Taimur, S., & Sattar, H. (2019). Education for Sustainable Development and Critical Thinking Competency. (January). https://doi.org/10.1007/978-3-319-69902-8
UNESCO. (2017). Education for Sustainable Development Goals Learning Objectives. Diambil dari http://www.unesco.org/open-access/terms- use-ccbysa-en