NILAI ROKOK PADA PROSESI ADAT BATAK ANGKOLA DI KOTA PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Hotma Royani Siregar Mastiur Napitupulu Masrina Munawarah Tampubolon Adi Antoni Yanna Wari Harahap Natar Fitri Napitupulu Febrina Angraini Simamora

Abstract

Rokok sangat berpengaruh dan sangat penting peranannya bagi kebudayaan Indonesia, seperti dalam acara adat pada saat pernikahan, peringatan kelahiran anak, syukuran atau bahkan kematian, rokok merupakan suatu hal yang dekat dengan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai rokok pada prosesi adat di Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan desain fenomenologis. lima partisipan dipilih secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan dianalisis dengan metode Colllaizi. Hasilnya analisa data terdapat lima tema, yaitu: (1) Budaya menyediakan rokok, (2) Meningkatkan kemampuan dan konsentrasi berfikir, (3) Membuat suasana lebih akrab, (4) Menghilangkan kebosanan, (5) Penghargaan terhadap tokoh masyarakat yang telah hadir pada prosesi adat. Rokok menjadi budaya dan kebutuhan bagi berlangsungnya prosesi adat Batak Angkola di Kota Padangsidimpuan.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Siregar, “NILAI ROKOK PADA PROSESI ADAT BATAK ANGKOLA DI KOTA PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 381-384, Jul. 2021.
Section
Artikel

References

Aditama, T.Y. 1997. Rokok dan Kesehatan. Jakarta : UI press.
Aulia, destanul., Rambe, Normayanti. (2018). Analisis Implementasi Kebijakan Kawasan Tanpa Rokok Dan Kebiasaan (Tradisi) Merokok Masyarakat Batak Batak Angkola Dalam Acara Prosesi Adat Di Kota Padangsidimpuan Sumatera Utara.
Dinas Kesehatan Sumatera Utara., 2017. Profil Kesehatan Sumatera Utara Tahun 2017, Padangsidmpuan : Dinas Kesehatan Kota Padangsidimpuan.
Febriyantoro, MT, (2016). Pemikiran Irasional Para Rokok. Eksis Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis.
Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI, 2013.
Muzaffar (2017). Hubungan Sosial Budaya, Personal dan Lingkungan dengan Perilaku Merokok Siswa di SMA Negeri 1 Peulimbang Kabupaten Bireuen Tahun 2017. Tesis. Medan. Universitas Sumatera Utara.
Nasution, I.K. (2007). Perilaku merokok pada remaja. Medan: Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Polit, Beck, (2012). Nursing Research Generating And Assessing Evidence For Nursing Practice
Salim, AD. (2013). IMC: Promosi, iklan dan sponsor rokok strategi perusahaan menggiring remaja untuk merokok. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis.
Sorimuda. Suardi Nahrun. (2017). Pasahat Siulaon Nagodang. Tapanuli Selatan : Forum Komunikasi Antar Lembaga Adat(FORKALA).
The ASEAN Tobacco Control Report, (2014). Southeast Asia Tobacco Control Alliance (SEATCA).
Wella, Bastia Pradita. (2019). Rokok Dan Perempuan Minangkabau (Studi Kasus : 5 Perempuan Minangkabau Perokok di Kota Padang). eSkripsi Universitas Andalas.
World Health Organization. (2017). Tobacco Factsheets: Leading Cause of Death, Illness and Impoverishment. Diakses pada Selasa, 5 Mei 2021 dari http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs339/en/